Tambah Layanan, RSDS Kebumen Pangkas Waktu Tunggu Pasien

user
Agusigit 01 November 2022, 21:15 WIB
untitled

KEBUMEN - Rumah Sakit dr Soedirman (RSDS) Kebumen bakal menambah instalasi rawat jalan atau poliklinik untuk mengurangi waktu tunggu pasien. RSDS yang baru saja lulus akreditasi dengan predikat paripurna standar terbaru STARKES Kemenkes Tahun 2022, juga akan menambah pelayanan, yakni layanan dokter subspesialis anak (Neonatologi), spesialis Urologi, CT-Scan 128 slice, serta TB MDR atau TB resisten obat.
 
Direktur RSDS Kebumen dr Widodo Suprihantoro MM mengakui jika waktu tunggu di poliklinik, masih dikeluhkan masyarakat. Karena itu, upaya mengurangi waktu tunggu menjadi perhatian utama. Upaya tersebut dilakukan dengan menambah instalasi rawat jalan untuk layanan yang sama, seperti poliklinik jantung dari semula hanya ada satu, bakal menjadi 2 poliklinik.
 
"Selain menambah poliklinik, ada kemungkinan membuka poliklinik pada sore hari. Jadi akan ada layanan pagi dan sore," jelas Widodo Suprihantoro yang didampingi sejumlah pejabat RSDS dalam acara Media Gathering, Senin (31/10/2022).
 
Sedangkan pelayanan baru di RSUD dr Soedirman, disebutkan ada layanan dokter Subspesialis Anak (Neonatologi) dengan pengampu dr Wahyu AM Sp.A SubSp.Neo(K), dan layanan spesialis Urologi dengan pengampu dr Andreas Pramudito Sp.U, serta layanan CT Scan 128 slice yang mampu menghasilkan kualitas gambar sangat baik dengan kontras yang lebih tajam.
 
"CT Scan 128 slice merupakan bantuan Kemenkes. Bantuan ini tidak semua rumah sakit menerima. Saat ini masih dalam proses pengadaan. Semoga akhir tahun ini, sudah bisa untuk melayani masyarakat," ujar Widodo seraya mengatakan, RSDS Kebumen juga merencanakan membuka poliklinik TB MDR atau TB resisten obat, serta ruang perawatan kesehatan jiwa.
 
Terkait dengan akreditasi, Widodo Suprihantoro mengatakan bukan kali pertama RSDS menyandang predikat paripurna. Predikat paripurna sudah diperoleh RSD di tahun 2016, dan berturut-turut mampu mempertahankan di tahun 2019 dan di bulan Oktober 2022 lulus akreditasi dengan predikat paripurna standar terbaru STARKES Kemenkes Tahun 2022. "Hasil akreditasi dengan standar STARKES Kemenkes Tahun 2022, RSDS memperoleh nilai 95,71," ujar Widodo yang bertekad memperoleh nilai lebih tinggi lagi pada akreditasi berikutnya. (Suk)
 
 
 

Kredit

Bagikan