Bupati Wonogiri Panen Raya Jahe dan Lengkuas di Ngadirojo

user
Agusigit 03 November 2022, 10:31 WIB
untitled

WONOGIRI - Budidaya tanaman bahan jamu herbal khususnya jahe dan lengkuas, cocok dikembangkan di wilayah Kecamatan Ngadirojo Wonogiri. Bupati Wonogiri Joko Sutopo bersama Ketua TP PKK drh Verawati Joko Sutopo MSi saat melakukan panen raya jahe dan lengkuas di lahan milik kelompok wanita tani (KWT) Desa Ngadirojo Kidul berharap budidaya ini dikembangkan di wilayah kecamatan lainnya.
 
Panen raya  jahe dan lengkuas diikuti puluhan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Ngadirojo Kidul. Program tersebut diikuti sekitar 130 anggota KWT Desa Ngadirojo Kidul. Mereka bermitra dengan pabrik jamu dan produk herbal, Combiphar. Sehingga, pasca panen empon-empon itu langsung diserap pabrik tersebut adalah setelah dikeringkan dalam bentuk simplisia.
 
Ketua Tim Penggerak PKK Wonogiri Verawati Joko Sutopo mengaku bahagia melihat kerja sama yang baik dan saling menguntungkan antara Combiphar dan KWT di Desa Ngadirojo Kidul dan Gedong, Kecamatan Ngadirojo. 
 
"Semoga kerja sama ini terus berlanjut. Butuh komitmen bersama, terutama profesionalisme kawan-kawan KWT untuk menjaga kualitas dan kuantitas produk sehingga dapat mewujudkan KWT Ngadirojo yg lebih sejahtera," harapnya saat panen raya jahe dan lengkuas di Dusun Niru Kulon, Desa Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, Rabu (2/11).
 
Vice President Corporate Communication and Corporate Development Combiphar, Alexandra Bastedo mengatakan, mereka didorong membudidayakan jahe dan lengkuas karena merupakan bahan utama produk jamu dan herbal perusahaan tersebut. "Budi daya jahe dan lengkuas ini memanfaatkan pekarangan, bisa ditanam di dalam polibag," katanya.
 
Setelah dipanen, jahe dan lengkuas tersebut dipotong-potong lalu dikeringkan menjadi simplisia. "Hasilnya bisa kami beli dengan harga di atas harga pasaran. Tentunya dengan standar kualitas yang sesuai," ujarnya sembari menjelaskan selain di Kecamatan Ngadirojo Wonogiri program ini juga dijalin dengan kalangan KWT di Kabupaten Karanganyar.-(Dsh)
 

Kredit

Bagikan