KGPAA Paku Alam VIII Dapat Gelar Pahlawan Nasional, Gandung Pardiman Bersyukur

user
Danar W 07 November 2022, 08:10 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Ketua DPD Partai Golkar DIY Gandung Pardiman bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah karena akan menganugerahi KGPAA Paku Alam VIII gelar Pahlawan Nasional.

"Alhamdulillah saya bersyukur sekali akhirnya pemerintah akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Almarhum Sri Paduka Paku Alam VIII," ungkap Gandung Pardiman yang juga Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar, Daerah Pemilihan DIY dalam siaran pers yang diterima Kjogja.com, Minggu (6/11/2022).

Gandung Pardiman menyambut baik keputusan Presiden Joko Widodo yang menyetujui pilihan Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan yang telah memilih 5 tokoh nasional dan salah satunya adalah KGPAA Paku Alam VIII sebagai Pahlawan Nasional.

"Saya mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo yang mengangkat Almarhum KGPAA Paku Alam VIII menjadi Pahlawan Nasional. Sebab beliau adalah salah satu tokoh yang memiliki peranan penting dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI," tegas Gandung Pardiman.

Gandung menambahkan KGPAA Paku Alam VIII telah memberikan sumbangan pikiran harta dan tenaga untuk kelangsungan kemerdekaan RI pada tahun 1945. Di antaranya adalah, bersama Sultan Hamengku Buwono IX dari Kraton Yogyakarta mengintegrasikan diri pada awal kemerdekaan RI sehingga Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi utuh hingga saat ini.

"Sehari sesudah proklamasi Kemerdekaan itu beliau menyatakan bergabung ke Negara Kesatuan Republik Indonesia, kemudian Yogyakarta menjadi ibu kota yang kedua dari Republik Indonesia ketika terjadi agresi Belanda pada tahun 1946," jelas Gandung.

Gandung menegaskan Sri Paduka Paku Alam VIII juga merupakan sosok yang berjasa ketika tentara NICA berupaya merebut kemerdekaan Indonesia dan pemerintah memindahkan ibu kota ke Yogyakarta.

"Jadi menurut saya, Almarhum Sri Paduka Paku Alam VIII sangat pantas mendapatkan gelar Pahlawan Nasional mengingat jasanya yang begitu besar terhadap bangsa dan negara Indonesia. Apalagi beliau juga telah membangun DIY saat menjadi Wakil Gubernur DIY pertama dan juga saat menjadi Gubernur DIY," tandas Gandung.

Gandung menyatakan Partai Golkar selama ini sangat teguh dalam komitmennya menjaga keutuhan NKRI dan Pancasila serta sangat mendukung dengan penganuegraah gelar Pahlawan Nasional untuk KPAA Paku Alam VIII. Bahkan menurut Gandung masih ada nama tokoh-tokoh nasional yang pantas mendapatkan gelar Pahlawan Nasional karena jasa-jasanya terhadap bangsa dan negara.

" Masih ada beberapa nama tokoh Nasional yang sangat pantas mendapatkan gelar Pahlawan Nasional," pungkas Gandung Pardiman. (Dev)

Kredit

Bagikan