Kandhang Kumpulkan Komponis Muda

user
Ivan Aditya 09 November 2022, 19:31 WIB
untitled

Krjogja.com - SOLO - Kandhang Art Hybrid Space dan didukung Direktorat Perfilman, Musik dan Media Kemdikbudristek siap menggelar Katabunyi Forum 2022 bertajuk 'Sorak Sorai Keberaksaraan Mus'. Program ini bertujuan memfasilitasi komponis-komponis muda Indonesia agar dapat menjadi generasi komponis handal.

"Mereka didorong tidak hanya produktif dalam berkarya, tetapi juga memiliki pemahaman literasi yang mumpuni, cakap dalam menuliskan gagasan karya dalam bingkai dramaturgi ideal serta memiliki jejaring yang luas," jelas Joko S Gombloh, dari komunitas Kandhang Art Hybrid Space didampingi Reizki Habibullah, Manajer Program Katabunyi Forum 2022, Rabu (09/11/2022).

Katabunyi Forum 2022 adalah yang kedua yang akan digelar di Magetan selama 4 hari (10 - 13 November). Panitia mengundang 15 komponis muda akan berkumpul dalam camp. Dengan harapan mereka saling melakukan proses intensif, sehingga muncul atmosfir baru. Baik menyangkut karya atau program hasil diskusi selama bertemu.

Joko S Gombloh merasakan banyak lahir komponis muda, tapi tidak dibarengi tradisi aspek literasi. Sebanyak 15 komponis mewakili berbagai aliran musik yakni tradisi musik daerah, elektronik serta musik konsektual.

Mereka akan mengikuti program diantaranya Forum Dramaturgi Karya Musik, Forum Inkubasi Penciptaan Musik dan Forum Inkubasi Produksi Musik. Melalui program ini, panitia ingin membuka kesadaran para komponis muda tentang pentingnya literasi musik. (Qom)

Kredit

Bagikan