Bareng Astra, Kementan Kembangkan Benih Hortikultura Jadi Andalan Indonesia

user
Agusigit 11 November 2022, 08:35 WIB
untitled

 
PURWOREJO - Kabupaten Purworejo dikenal memiliki potensi pertanian yang baik dengan benih hortikultura berkualitas yang dikenal luas. Kabupaten di barat DIY ini menghasilkan tujuh juta benih hortikultura seperti manggis varietas kaligesing, durian, jeruk, jambu dan mangga. 
 
Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti menjelaskan,  banyak petani Purworejo yang memproduksi benih salah satunya hortikultura. Hasil para petani disebut telah tertera di Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB). 
 
“Ada ratusan petani kami yang membuat benih tanaman hortikultura. Hasilnya sudah menyebar ke seluruh Indonesia dan memiliki kualitas yang diperhitungkan. Jika di-Rupiahkan, hasilnya mencapai Rp140 miliar,” ungkapnya dalam rilis tertulis, Kamis (10/11/2022). 
 
Langkah memaksimalkan potensi tersebut diwujudkan dengan adanta kampung benih hortikultura berkolaborasi bersama Kementrian Pertanian dan Astra. Purworejo berharap pertanian bisa lebih baik lagi sehingga berdampak terhadap kesejahteraan warganya. 
 
“Dengan pencanangan kampung benih hortikultura ini, kami berharap potensi ekonomi di sektor pembenihan akan lebih maju lagi. Kami berharap lebih banyak lagi yang berkolaborasi sehingga sektor ini jadi primadona baru dari pertanian,” sambung dia. 
 
Sementara, Head of CSR & Social Engagement Astra, Triyanto, mengatakan, dalam membina petani benih di daerah tersebut, pihaknya menjalin kerjasama dengan Kementerian Pertanian terutama terkait penguatan UMKM pembenihan bibit tanaman hortikultura. Kementrian memberikan benih dan sumber benih kemudian kelompok dan desa binaan akan menumbuhkembangkan. 
 
“Kami juga memberikan bimbingan teknis terkait regulasi, pelatihan dan teknologi pengembangbiakan bibit hortiikultura kepada petani. Dengan adanya kerjasama ini, petani di DSA dan KBA bisa mendapatkan bibit unggul yang nantinya bisa dikembangkan menjadi hasil pertanian unggulan,” sambungnya. 
 
Astra berharap, hasil pertanian hortikultura bisa menjadi komunitas unggulan yang bisa dijual secara luas baik di dalam dan luar negeri. “Harapannya manfaat yang diterima masyarakat lebih luas,” pungkasnya. (Fxh)

Kredit

Bagikan