Melihat Serunya Wisata Edukasi di Desa Wisata Bromonilan

user
Agusigit 13 November 2022, 17:22 WIB
untitled

Krjogja.com - SLEMAN - Belajar tak kenal tempat, tak terbatas di gedung sekolah. Demikian prinsip Wisata Edukasi yang dikembangkan Desa Wisata Bromonilan dan Joglo Pari Sewu saat ini dengan melibatkan dan memberdayakan potensi warga masyarakat di Desa Bromonilan, Purwomartani, Kalasan, Sleman.

Kegiatan memeras susu kambing etawa bagi warga mungkin pekerjaan biasa tapi bagi anak-anak sekolah menengah, kebiasaan warga tersebut menjadi hal baru yang mengaktifkan sisi kreatif mereka tentang bagaimana proses segelas susu bisa mereka minum.

Demikian juga ketika mereka belajar memanfaatkan dedaunan di sekitar mereka menjadi karya yang bernilai ekonomi dengan teknik ecoprint.

"Senang sekali bisa mengetahui dan praktek langsung membuat ecoprint" kata salah satu peserta dari Sekolah Ciputra Kasih Semarang , yang tengah mengikuti kegiatan Entrepreneurship Camp di Jogja, 9 - 11 Nov 2022.

"Hal ini sejalan dengan tema pembelajaran di Sekolah Ciputra Kasih tentang entrepreneurship learning," ujar Satya

Beraneka pengalaman mereka gali dan pelajari dari warga sekitar, seperti membuat ecoprint, kokedama, memerah susu kambing etawa, mengolah pupuk, hingga belajar membuat jamu tradisional bersama team Joglo Pari Sewu Resto yang berada di area Desa Wisata Bromonilan.

"Kami sangat senang dengan semua kegiatan di sini. Ini merupakan sesuatu yang baru bagi anak-anak, saya harap kedepannya bisa ditambah lagi kegiatannya," kata Steven, Education Consultant Sekolah Ciputra Kasih. "Selain mengenal suatu tempat yang dulunya menjadi tempat pembuangan sampah liar dan kini telah diubah menjadi desa wisata yang bagus, anak-anak bisa belajar agar memiliki keahlian baru, di sini juga anak-anak belajar mengolah kotoran sapi sehingga bisa memiliki nilai ekonomi" tambahnya. .

Sebelum melaksanakan berbagai kegiatan edukasi, siswa siswi Sekolah Ciputra Kasih Semarang melaksanakan upacara bendera untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November di area Desa Wisata Bromonilan. "Senang sekali bisa terlibat dalam kegiatan belajar mereka, tidak hanya sekedar berwisata tapi ada edukasi yang bisa mereka dapat," kata Guntur, Manajer Operasional Joglo Pari Sewu. (Wakid)

Kredit

Bagikan