Pasar UMKM Gowok Berdayakan Ekonomi Rakyat

user
Tomi Sujatmiko 16 November 2022, 11:42 WIB
untitled

Krjogja.com - SLEMAN - Padukuhan Gowok, Kalurahan Caturtunggal Depok Sleman menggelar Pasar UMKM Gowok bertajuk 'Pemberdayaan Ekonomi Rakyat', Minggu (13/11/2022). Pasar UMKM ini diikuti tak kurang 50 pelaku UMKM yang mendisplay beragam produk kuliner, fesyen, kerajinan dan lainnya.

Tugimin selaku ketua panitia menuturkan, Pasar UMKM Gowok ini juga diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. "Jadi selain pemberdayaan ekonomi, kita juga berupaya munculkan semangat nasionalisme dan rasa menghargai jasa para pahlawan," katanya.

Kegiatan diawali dengan senam line dance yang diikuti warga Padukuhan Gowok, dilanjutkan pemeriksaan kesehatan gigi dan cek kesehatan. Setelah itu diadakan dialog interaktif UMKM. Acara semakin meriah dengan persembahan tari Topeng Keras Patih Gadjah Mada oleh I Wayan Ordiyasa (selaku sekretaris panitia), serta penampilan Tari Wahyu Kolosebo dan musik elekton.

Hadir dalam acara pembukaan antara lain, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, Panewu Depok Wawan Widiantoro dan Lurah Caturtunggal Agus Santoso.

Sementara itu, Ketua Sub Unit Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Padukuhan Gowok, Edy Mulyono mengatakan, Pasar UMKM Gowok ini dijadikan sebagai rintisan untuk Pasar Minggu Pagi (Sunday Morning) yang akan diselenggarakan secara rutin di Padukuhan Gowok.

Lurah Caturtunggal Agus Santoso memberikan aprasiasi tinggi serta mendukung kegiatan Pasar UMKM Gowok untuk memperkuat ekonomi warga. Menurutnya komunitas UMKM tersebar di 20 padukuhan yang ada di wilayah Kalurahan Caturtunggal. "Pasar UMKM ini sangat efektif sebagai wahana mempromosikan produk unggulan warga sehingga semakin dikenal luas dan berkembang," katanya. (Dev)

Kredit

Bagikan