Beratap Kaca, Masjid KH Sudja' RS PKU Muhammadiyah Gamping Diresmikan

user
Agusigit 17 November 2022, 08:38 WIB
untitled

Krjogja.com - SLEMAN - Masjid KH Sudja' Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Gamping diresmikan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Rabu (16/11/2022). Salah satu keistimewaan masjid ini, atapnya terbuat dari kaca.

"Masjid KH Sudja' ini menjadi masjid pertama di DIY yang beratap kaca dan mungkin juga yang pertama di Indonesia," kata Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Gamping, Ahmad Faesol di sela acara peresmian.

Faesol mengatakan, arsitektur Masjid KH Sudja' dirancang oleh arsitek Munichy. Masjid ini mempunyai total lahan seluas 4.852 meter persegi, dengan tiga lantai, memiliki aula dan area publik yang cukup luas.

Faesol berharap Masjid KH Sudja' menjadi masjid ikonik yang siap menyambut masyarakat yang hendak memasuki Kota Yogyakarta. Menurutnya, masyarakat bisa memanfaatkan masjid ini untuk beribadah ataupun transit. "Kita berharap masjid ini menjadi pusat dakwah dan memberikan manfaat yang besar untuk umat," katanya.

Peresmian Masjid KH Sudja' dibarengkan dengan tabligh akbar menyongsong Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48. Selain itu dilakukan Bakti untuk Negeri berupa pemberian santunan ke pihak yang membutuhkan, seperti penyandang disabilitas dan anak-anak panti asuhan.

Haedar Nashir menuturkan, kiprah RS PKU Muhammadiyah di seluruh Indonesia sudah cukup jauh dalam melayani masyarakat di bidang kesehatan. Sehingga boleh dibilang RS PKU Muhammadiyah di seluruh Indonesia merupakan cagar budaya perjuangan bangsa.

Haedar berharap, di balik kemegahan Masjid KH Sudja' ini perlu ada spiritualitas rohani yang hidup. Sehingga rumah sakit tidak hanya sekadar pelayanan kesehatan, tetapi juga spiritualitas. "Di sinilah pentingnya masjid untuk pembinaan ideologi, rohani, simbol spiritualitas Islam sehingga menempatkan hidup, sakit dan mati itu bermakna," katanya. (Dev)

Kredit

Bagikan