KKNT Gong Ceting, Mahasiswa UAA Lakukan Penyuluhan Pranikah untuk Remaja Donorojo

user
Danar W 17 November 2022, 06:55 WIB
untitled

Krjogja.com - MAGELANG - Mahasiswa Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata Tematik Gotong Royong Cegah Stunting (KKN-T Gong Ceting) di Desa Donorojo Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang turut berpartisipasi dalam kegiatan Penyuluhan Persiapan Pranikah pada remaja Desa Donorojo dengan tema “Rancang Pernikahan yang Cermat untuk Hasilkan Generasi yang Sehat". Kegiatan penyuluhan pranikah ini dilaksanakan pada hari Rabu (02/11/2022) bertempat di Balai Desa Donorojo.

Salah satu alasan angka stunting cukup tinggi di Desa Donorojo karena pernikahan dini yang banyak terjadi di Desa Donorojo, hal tersebut disampaikan oleh Arifin selaku kepala desa Donorojo saat Musyawarah Mufakat Desa. Sehingga dirinya meminta mahasiswa UAA untuk memberikan pendidikan kesehatan bagi remaja Donorojo.

Kegiatan penyuluhan ini diikuti oleh 36 remaja Donorojo selain itu juga dihadiri oleh Joko perwakilan dari Kepala Desa Donorojo. Kegiatan penyuluhan ini juga dilaksnakan pre-post test untuk mengukur pemahaman remaja berkaitan dengan materi yang disampaikan. Materi ini sampaikan oleh Anggi Widyanti, Rizka utami, Eka Septi Selani Mutia. Di akhir materi dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab dan pembagian door prize bagi peserta penyuluhan.

“Tujuan dari penyuluhan ini tentunya untuk meningkatkan literasi remaja tentang apa saja yang perlu dipersiapkan oleh remaja sebelum menikah agar nantinya rumah tangga bisa terjalin harmonis, tentram dan damai serta mencegah kehamilan dini dan tentunya melahirkan anak yang tidak berpotensi stunting. Karena kasus stunting disebabkan kurang siapnya pasangan suami istri dibawah umur mengenai asupan gizi yang cukup semasa kehamilan, kematangan psikologis dan organ reproduksi, serta pengetahuan tentang pola asuh yang benar,” papar Brune Indah Yulitasari, S.Kep.,Ns., MNS selaku dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Alma Ata.(*)

Kredit

Bagikan