Sosialisasi Pendidikan Politik Tingkatkan Angka Partisipasi Pemilu

user
Agusigit 17 November 2022, 20:23 WIB
untitled

Krjogja.com - MAGELANG - Guna meningkatkan angka partisipasi politik pada Pemilu 2024 mendatang, Pemerintah Kota Magelang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Magelang diantaranya dengan mengadakan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula. Ini seperti yang dilakukan di aula SMAN 3 Kota Magelang, Kamis (17/11/2022). Angka pemilih pemula di wilayah Kota Magelang tergolong cukup banyak.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Magelang Drs Agus Satiyo Hariyadi MSi di forum yang dihadiri Walikota Magelang dr HM Nur Aziz SpPD K-GH maupun lainnya tersebut mengatakan ini merupakan kesempatan bagi para peserta sosialisasi untuk ikut menentukan masa depan bangsa, kesempatan untuk ikut menentukan masa depan Kota Magelang.

Dalam pemilihan mendatang, lanjutnya, para peserta yang terdiri dari siswa dan siswi kelas 12 SMAN 3 Kota Magelang ini diharapkan dapat memilih calon sesuai dengan hati nurani masing-masing, dilihat program yang terbaik menurut kacamata para peserta sosialisasi, baik bagi Magelang maupun Indonesia.
Dikatakan juga, kegiatan sosialisasi seperti ini juga akan dilaksanakan tahun mendatang untuk penguatan. Pendidikan politik tidak hanya dilaksanakan menjelang pelaksanaan Pemilu, tetapi dilaksanakan secara terus-menerus dan berkesinambungan, sehingga pengetahuan tentang perpolitikan akan lebih sehat.

Di kalangan masyarakat, lanjut Agus Satiyo, yang mengalami situasi psikologi yang apatis, pesimis dan skeptis (APES) terhadap perkembangan ke depan negara mau kemana. Karena itu diharapkan semuanya bersama-sama optimis.

Kepala SMAN 3 Kota Magelang Drs Rohmat Chozin MAg diantaranya mengatakan ada sekitar 281 siswa dan siswi SMAN 3 Kota Magelang yang mengikuti sosialisasi ini. Semula berjumlah 286, tetapi ada 5 siswa tidak hadir.

Ada beberapa orang sebagai narasumber dalam kegiatan ini, diantaranya Ketua KPU Kota Magelang, Ketua Bawaslu Kota Magelang, perwakilan dari Polres Magelang Kota dan perwakilan dari Universitas Tidar (Untidar).

Berdasar informasi dari Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron, Walikota Magelang secara terpisah di forum ini diantaranya mengatakan jumlah pemilih pemula di Kota Magelang ada sekitar 26 persen. Ini angka yang cukup besar dan itu juga sangat menentukan.

Juga dikatakan para peserta sosialisasi ini merupakan pemilih yang cerdas dan tidak dapat dipengaruhi apapun karena memiliki data yang komplit mengenai keberadaan suatu partai politik, juga termasuk memilih calon pemimpin. (Tha)

Kredit

Bagikan