Temanggung Canangkan Program Gerbang Emas

user
Tomi Sujatmiko 18 November 2022, 15:06 WIB
untitled

Krjogja.com - TEMANGGUNG - Pemerintah Kabupaten Temanggung mencanangkan inovasi pembangunan melalui program Gerbang Emas, untuk percepatan pemulihan ekonomi masyarakat Temanggung pasca Covid-19.

Program Gerbang Emas yakni Membangun Desa Pinggiran Yang Berdaya Saing dengan tujuan Peningkatan Kesehatan, Pelestarian Lingkungan dan Pemulihan Ekonomi Masyarakat.

Kepala Bidang PEIPD BAPPEDA, Woro Pratiwi Setyorini mengatakan melalui Gerbang Emas, desa menjadi subyek pembangunan, bukan lagi menjadi obyek, sehingga desa diharapkan untuk bisa berdaya saing tinggi dalam membangun wilayahnya sendiri dengan kekuatan potensi kearifan lokal yang dimiliki.

Dia mengatakan dalam mendukung program tersebut, Pemkab Temanggung bersama semua stakeholder senantiasa bersinergi dalam mendorong, memotivasi dan memfasilitasi pembangunan desa pinggiran agar menjadi lebih produktif.

Dia mengatakan Gerbang Emas berfokus pada dimensi pembangunan berkelanjutan yang terdiri dari 4 pilar yaitu ekonomi, sosial, lingkungan dan kelembagaan melalui peningkatan produktivitas ekonomi, penyerapan tenaga kerja.

Selain itu peningkatan kualitas kesehatan tanpa mengabaikan kelestarian lingkungan, sehingga terwujud sumber daya manusia berdaya saing, akselerasi ekonomi dan respon terhadap perubahan iklim.

Dia mengatakan Gerbang Emas merupakan salah satu advokasi pimpinan daerah dalam menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan dalam pembangunan daerah.

“Untuk mengetahui progres pelaksanaan GERBANG EMAS, di bulan November ini akan dilaksanakan monitoring dan evaluasi, baik secara online maupun offline,” kata dia.

Kepala BAPPEDA Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan masyarakat untuk membuat inovasi terhadap segenap masyarakat yang telah berinisiasi menciptakan inovasi-inovasi, baik perorangan maupun lembaga sebagai upaya meningkatkan daya saing demi memulihkan perekonomian masyarakat Temanggung.

“Stakeholder yang hadir dalam kesempatan ini berkomitmen untuk mensukseskan program GERBANG EMAS sesuai dengan spesialisasi masing-masing agar harapan mensejahterakan masyarakat Temanggung dapat tercapai,” tandasnya.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Temanggung Rachmat Fauzi mengatakan diantara syarat kemajuan sebuah kabupaten adalah adanya inovasi teknologi. Maka itu DPRD mendukung masyarakat, terutama instansi pemerintah untuk membuat inovasi.

"Inovasi diperlukan, DPRD menyetujui untuk riset dan inovasi dengan tujuan kemajuan. Sehingga pekerjaan lebih efektif dan efisien," kata dia.

Dikemukakan inovasi dalam berbagai bidang, seperti teknologi pertanian, industri, kesehatan, sistem pengelolaan pemerintahan dan pelayanan serta pendidikan. "Inovasi diperlukan, untuk menuju penyempurnaan," kata dia. (Osy)

Kredit

Bagikan