Sikat Uang Majikan Rp82 Juta, Eks Pembantu Disel

user
Tomi Sujatmiko 18 November 2022, 14:20 WIB
untitled

Krjogja.com - SUKOHARJO - Setiyono (43) warga Sonojiwan, Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) ditangkap. Pelaku beraksi dua kali memanfaatkan kondisi rumah korban kosong dan mengenal susunan rumah korban karena pernah menjadi pembantu rumah tangga. Dalam aksi tersebut pelaku berhasil mencuri uang tunai milik korban total Rp 82 juta.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kamis (17/11) mengatakan, korban yakni Viveri Wuryandari warga Perum Bumi Kranggan Lestari Desa Wirogunan, Kecamatan Kartasura. Sedangkan tempat kejadian perkara (TKP) dan waktu kejadian curat pada Sabtu 10 September 2022 sekitar pukul 17.00 WIB di rumah Viveri Wuryandari di Perumahan Akasia Residen Desa Kertonatan Kecamatan Kartasura.

Kronologis kejadian bermula pada Sabtu 30 Juli 2022 korban berangkat ke Bali dalam rangka Munas MKKS dan saat itu sebelum korban berangkat rumah korban sudah di kunci. Pada 3 Agustus 2022 korban pulang dari Bali dan saat itu uang korban yang disimpan dalam lemari sudah tidak ada sebesar Rp 26 juta dan Rp 40 juta. Total uang tunai yang hilang dalam kejadian pertama Rp 66 juta.

Kapolres melanjutkan, pada saat itu korban masih berpikir positif dan tidak mempermasalahkan kehilangan uang tersebut. Kemudian pada 3 Oktober 2022 korban kembali berangkat ke Bali dalam rangka dinas dan saat itu korban seperti biasanya selalu mengunci pintu rumah sebelum pergi. Pada 7 Oktober 2022 korban pulang dari Bali dan uang kembali hilang sebesar Rp 16 juta. Dari kejadian tersebut korban kemudian melaporkan ke Polsek Kartasura.

"Dalam dua kali kejadian pencurian tersebut korban total menderita kerugian Rp 82 juta. Rinciannya pencurian pertama Rp 66 juta dan pencurian kedua Rp 16 juta," ungkap Kapolres.

Setelah menerima laporan dari korban bahwa ada kejadian pencurian lalu anggota unit Polsek Kartasura melakukan pengecekan di TKP. Penyelidikan awal untuk rekaman CCTV yang berada di sekitar TKP didapatkan bahwa pelaku pencurian terindikasi orang yang kenal korban yaitu mantan pembantu rumah tangga yang sudah bekerja pada korban selama 12 tahun terhitung dari 2008 hingga 2019 maka dari itu pelaku hafal susunan rumah korban.

"Karena pelaku telah mengetahui susunan letak rumah korban. Pelaku masuk rumah korban dengan alat bantu tangga bambu. Meski rumah sudah dikunci korban namun pelaku tetap berhasil masuk dan leluasa mencuri uang korban," ujarnya.

Pelaku berhasil ditangkap dan ditahan di Mapolres Sukoharjo untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dalam kasus ini polisi juga melakukan penyitaan barang bukti milik pelaku seperti satu pasang sandal warna ungu, satu buah kaos lengan pendek warna biru, satu buah celana panjang warna hitam dan satu buah tangga bambu.

"Tersangka diduga telah melakukan tindak pidana curat dan dijerat dalam pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara," lanjutnya. (Mam)

Kredit

Bagikan