Kolaborasi Antarelemen Capai Maju dan Kemandirian Daerah

user
Ivan Aditya 18 November 2022, 11:36 WIB
untitled

Krjogja.com - KARANGANYAR - Mencapai usia ke-105, Kabupaten Karanganyar menapaki kemajuan dan kemandirian. Program strategis pembangunan dalam RPJMD 2019-2023 dikerjakan secara simultan dan koordinatif.

"Tiap tahun ada target yang sesuai dengan tagline. Tahun ini maju dan mandiri. Program pembangunan melandasi spiritnya sejak periode 2014-2018 dan 2019-2023. Nanti di 2023, Karanganyar maju dan mantap diharapkan menyesaikan semua program yang terangkum di RPJMD lima tahunan. Enggak ada program yang tak dikerjakan," kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Junat (18/11/2022).

Ia menegaskan seluruh program yang dibiayai APBD maupun kerjasama berbagai pihak, terukur dan transparan. Hal itu menunjukkan kemajuan pola pikir dan siap mandiri di berbagai bidang. Juliyatmono mengatakan wilayah yang dipimpinnya unggul di bidang pariwisata.

Karanganyar siap bersaing menawarkan obyek wisata alam yang halal, berkualitas, bersih serta bertata kelola bagus. Dukungan para pelaku usaha mandiri makin menggiatkan gelora wisata tersebut.

"Seberapa Karanganyar itu menjadi tujuan kunjungan. Tugas kita memasarkan potensi yang ada. Produk UMKM menjamur terutama hasil pertanian. Dan dari spirit pertumbuhan kuliner di berbagai wilayah ditambah tumbuhnya desa wisata, itu daya saing kita dan pembanding obyek wisata dari daerah lain," katanya.

Ia mengapresiasi makin bervariasinya kreativitas desa wisata. Dari situlah perekonomian tumbuh mandiri dan hasilnya memuaskan masyarakat setempat. Tantangan ke depan diyakininya jauh lebih berat. Mewujudkan infrastruktur memadai bukanlah persoalan mudah, apalagi anggarannya bergantung bantuan pemerintah pusat. Apalagi, pandemi Covid-19 telah memangkas ratusan miliaran rupiah anggaran pusat ke daerah.

"Kondisi jalan jadi perhatian serius. Namun memang belum bisa menyeluruh perbaikannya. DPU memang harus punya terobosan," katanya.

Sementara itu upacara HUT ke-105 Kabupaten Karanganyar di alun-alun kota, Jumat pagi dihadiri sejumlah perwakilan kepala daerah di Soloraya. Mereka melepas 105 ekor burung derkuku, sesuai bilangan hari jadi.
Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menghadiahkan sebilah keris suvenir ke Bupati Juliyatmono. Gibran menyampaikan ucapan selamat dan sukses untuk Karanganyar. "Di Hari Jadi ke-105 ini semoga dapat terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Kota Solo," ucap Gibran.

Usai upacara itu, masyarakat dipertontonkan fragmen tari kolosal yang dibawakan ratusan pesilat. Kemudian peragaan aeromodeling dari Lanud Adisoemarmo dan marching band dari Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta. (Lim)

Kredit

Bagikan