Banjir Luapan Sungai Oya Kepung Lima Kapanewon di Gunungkidul

user
Ivan Aditya 19 November 2022, 16:24 WIB
untitled

Krjogja.com - GUNUNGKIDUL - Ratusan rumah warga Kapanewon Semin, Nglipar, Karangmo, Ngawen dan Gedangsari Gunungkidul yang tinggal di sepanjang bantaran Sungai Oya terendam banjir hingga ketinggian 1-2 meter akibat hujan deras dari semalam hingga Sabtu (19/11/2022) dinihari tadi. Selain menimbulkan dampak permukiman warga, sejumlah fasilitas umum (fasum) rusak termasuk dua buah jembatan.

"Saat ini kami lakukan evakuasi dan penanganan terhadap warga terdampak," kata Kepala pelaksana Badan penanggulangan bencana (BPBD) Purwono, Sabtu (19/11/2022).

Dari ke lima kapanewon terdampak menimpa 9 kalurahan dan 29 padukuhan dengan jumlah rumah terendam banjir mencapai 357 Kepala Keluarga (KK). Selain terendam banjir juga dilaporkan terdapat puluhan rumah rusak tertimpa pohon tumbang. "Dari sebanyak 357 KK terdiri dari 1.574 jiwa," imbuhnya.

Untuk Kapanewon Semin menimpa 76 KK terdiri dari 231 jiwa, Kapanewon Ngawen 65 KK terdiri sari 278 jiwa, Nglipar 189 KK terdiri dati 608 jiwa, Karangmojo 21 KK terdiri dari 86 jiwa dan Gedangsari 6 KK terdiri dari 21 jiwa.

Khusus bencana banjir tidak menimbulkan korban jiwa baik harta benda maupun ternak penduduk terselamatkan. Beberapa kendaraan bermotor yang sempat hanyut juga berhasil diselamatkan."Mengenai jumlah kerugian hingga saat ini tengah didata," ucapnya. (Bmp)

Sementara perkembangan saat ini genangan air di rumah-rumah sudah surut. Warga bersama relawan BPBD, TNI/Polri, SAR , warga dan lainnya melakukan kerjabakti dan evakuasi. (Bmp) (

Kredit

Bagikan