Pertamina Lubricants Bekali Skill Otomotif Warga Binaan Lapas Cebongan

user
Ivan Aditya 19 November 2022, 14:52 WIB
untitled

Krjogja.com - SLEMAN - PT Pertamina Lubricants (PTPL) melalui Sales Region IV tengah menginisiasi pelatihan otomotif sepeda motor bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) guna mendorong kemandirian masyarakat melalui program Enduro Sahabat Lapas. Sebagai langkah awal, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Cebongan Sleman dipilih sebagai pilot project program Enduro Sahabat Lapas di wilayah Jawa Tengah dan DIY yang merupakan wujud Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina Lubricants.

Pembukaan pelatihan otomotif sepeda motor Enduro Sahabat Lapas di Lapas Cebongan tersebut dibuka oleh Kepala Lapas Kelas IIB Sleman Kusnan dan Perwakilan Pertamina Lubricants Rendy Wibowo Nugraha. Selain itu, hadir pula perwakilan LPK Institusi Pengembangan Teknologi Terapan Indonesia (IPTTI) Yogyakarta yang digandeng Pertamina Lubricants.dan Kementerian Hukum dan HAM dalam pelatihan program Enduro Sahabat Lapas tersebut.

Pertamina Lubricants Sr. SE Retail DIY Rendy Wibawa Nugraha menyampaikan secara keseluruhan Pertamina Lubricants sudah menjalin kerja sama dengan empat Lapas dengan total penerima manfaat sebanyak 30 warga binaan. Dengan adanya pelatihan otomotif sepeda motor Enduro Sahabat Lapas ini, para warga binaan yang sudah keluar mempunyai skill dan diharapkan memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat karena telah dibekali dengan banyak pengetahuan maupun ilmu baru.

"Para warga binaan yang sudah keluar dan dibekali keterampilan diharapkan bermanfaat bagi masyarakat maupun menjauhi hal-hal negatif. Dengan demikian mereka pada akhirnya akan hidup mandiri nantinya. Harapan itu kita kawal terus setelah diberi pelatihan lalu sampai keluar lapas sehingga menjadi mandiri dan bermanfaat," ujarnya usai Pembukaan Pelatihan Otomotif Sepeda Motor Enduro Sahabat Lapas di Lapas Kelas IIB Cebongan Sleman, Jumat (19/11/2022).

Rendy menyatakan produk Enduro Sahabat Lapas ini baru berjalan setahun di DIY, sedangkan di wilayah lainnya sudah memasuki tahun kedua. Di daerah lain, sudah ada mantan warga binaan membuka dua bengkel yang disupport Pertamina Lubricants menjadi Bengkel Enduro berikut dukungan peralatannya. Dukungan branding dan peralatan bagi mantan warga binaan yang ingin membuat bengkel ini melihat keseriusan mereka giat berlatih otomotif.

"Kami harapkan semuanya serius, namun tak menutup harapan bisa banyak yang pada akhirnya membuka bengkel dan mandiri. Lapas Cebongan ini merupakan pilot project Enduro Sahabat Lapas yang rencananya apabila sukses akan direplikasi dan aplikasikan di lapas-lapas lain yang ada di DIY," paparnya.

Kepala Lapas Kelas IIB Sleman Kusnan menyampaikan sebagai pimpinan Lapas Cebongan, pihaknya mendukung dan mengapresiasi program Enduro Sahabat Lapas yang telah memberikan kesempatan pelatihan otomotif kepada warga binaan. Pelatihan otomotif ini kelak akan menjadi bekal warga binaan Lapas Cebongan untuk terjun ke masyarakat setelah masa tahanannya berakhir.

"Saya sangat bangga Pertamina Lubricants memberikan pelatihan otomotif kepada warga binaan Lapas Cebongan ini. Harapannya akan terus berlanjut programnya sehingga kesempatan warga binaan mengikuti pelatihan makin banyak dan sebagai bekal jika kembali ke masyarakat kelak" tuturnya.

Kusnan mengaku warga binaan Lapas Cebongan antusias ingin mengikuti pelatihan ini, namun supaya mendapatkan hasil yang baik maka peserta dibatasi sebanyak 6 orang warga binaan. Warga binaan yang berkesempatan mengikuti pelatihan otomotif Enduro Sahabat Lapas Pertamina Lubricants ini sebelumnya melakukan assessment terlebih dahulu sehingga calon peserta pelatihan memang betul - betul sesuai harapan.

"Pelatihan otomotif ini sangat bermanfaat sekali bagi warga binaan. Selain dapat skill dan bersertifikat, mereka bisa mendapat modal apabila sudah keluar dan ingin mendirikan bengkel. Kami mempunyai empat program pelatihan tahun ini yaitu perbengkelan, pengelasan, pertukangan kayu dan pastry yang sangat diminati warga binaan Lapas Cebongan," pungkasnya. (Ira)

Kredit

Bagikan