Optimalkan Peran Perpustakaan Daerah, Pemkab Purworejo Kampanyekan Gemar Membaca

user
Ivan Aditya 19 November 2022, 17:24 WIB
untitled

Krjogja.com - PURWOREJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo kampanyekan gemar membaca kepada masyarakat. Pemerintah bertekad mengoptimalkan peran Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Purworejo untuk mengajak masyarakat lebih senang membaca.

Sejumlah kegiatan pun digelar Perpusda Kabupaten Purworejo antara lain dengan menggelar Purworejo Book Fair 2022 dan aneka lomba untuk anak-anak. Perpusda juga mengadakan pemilihan Duta Baca Kabupaten Purworejo.

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH mengatakan, kampanye gemar membaca menjadi salah satu fokus pemerintah untuk meningkatkan kecerdasaan generasi muda. "Membaca adalah gerbang ilmu pengetahuan, dengan membaca akan menambah wawasan dan kecerdasan setiap anak bangsa," ungkapnya, di sela Purworejo Book Fair 2022 yang digelar di Perpusda Kabupaten Purworejo Kecamatan Kutoarjo, Sabtu (19/11/2022).

Menurutnya, pada tahun 2017 silam UNESCO menyebutkan bahwa Indonesia menduduki urutan kedua dari bawah soal literasi dunia. Berdasarkan atas data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, yakni hanya 0,001 persen, yang berarti setiap seribu orang Indonesia, hanya 1 orang yang rajin membaca.

Pemerintah tidak tinggal diam melihat data yang memprihatinkan itu. Pemerintah menggenjot minat baca publik dengan berbagai cara, hingga menunjukkan kenaikan pada tahun 2021.

"Ketika itu, Perpustakaan Nasional melakukan pemetaan kondisi kegemaran membaca di Indonesia. Lewat kajian kegemaran membaca masyarakat Indonesia yang mencakup 34 provinsi di Indonesia, nilai tingkat gemar membaca masyarakat Indonesia pada 2021 mencapai angka 59,52,” ungkapnya.

Wabup menegaskan Perpustakaan Umum Kabupaten Purworejo mengalami perkembangan sangat pesat dan terus memperbaiki diri untuk mewujudkan layanan perpustakaan yang semakin baik kepada masyarakat. "Layanan ibi diharapkan akan semakin meningkatkan literasi masyarakat, sehingga tidak hanya terhindar dari hoaks tapi juga bisa mengembangkan diri lewat membaca," tuturnya.

Bunda Literasi Kabupaten Purworejo Hj Fatimah Verena Prihastiyari menambahkan, Perpusda Kabupaten Purworejo adalah salah satu ujung tombak dalam meningkatkan literasi masyarakat Purworejo. "Adanya gedung perpusda dan berbagai kegiatan di dalamnya akan meningkat literasi yang muaranya tentu ada peningkatan kapasitas pada masyarakat Purworejo," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Purworejo Eni Sudiyati mengatakan, Purworejo Book Fair 2022 bertujuan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat, ajang promosi dan memperkenalkan gedung perpustakaan, serta mendekatkan gedung perpustakaan kepada masyarakat, baik layanan maupun kegiatan.

"Kegiatan Book Fair diisi dengan lomba mewarnai, bercerita tingkat SD, penayangan video profil, pelatihan ukir sendal, menulis berita dan publik speaking," tandasnya. (Jas)

Kredit

Bagikan