'Kera Putih' Ramaikan Even Pesona Lawang Sewu Semarang

user
Agusigit 20 November 2022, 08:11 WIB
untitled

Krjogja.com - SEMARANG - Pegelaran wayang orang dengan lakon Hanoman Obong meramaikan pembukaan even Pesona Lawang Sewu (PALAS) III, Sabtu(19/11) di Museum Lawang Sewu Semarang.

PALAS yang selama dua tahun masa pandemi sempat absen kali ini berlangsung dua hari, yakni Sabtu dan Minggu( 19 – 20) November 2022. Hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Semarang , R. Wing Wiyarso Poespojoedho.

Ketua panitia PALAS III Yuni mengatakan kegiatan PALAS III di musium Lawang Sewu yang dikelola PT KAI mempunyai arti y penting selain untuk menarik pengunjung di musium bangunan bersejarah Lawang Sewu,juga untuk menguri nguri seni dan budaya. Salah satunya, pagelaran seni tari wayang orang dengan lakon Hanoman Obong. " Di Jogja ada sendratari Ramayana di Bali ada tari kecak dan di Semarang ada Hanoman Obong", tuturnya.

Ia mengatakan kegiatan Palas, dimeriahkan berbagai rangkaian kegiatan menarik. Salah satunya perlombaan bersifat edukasi baik bagi umum maupun anak sekolahan mulai dari tingkat SD,SMP dan SMA, seperti melukis pada vas bunga.

Selain itu dalam mendukung Palas, menurut Yuni telah melibatkan usaha mikro kecil menengah(UMKM) yang menjajakan selain berbagai makanan, juga cindera mata khas Semarang. "Saya berterima kasih kepada PT Kereta Api Indonesia yang sepenuhnya mendukung pelaksanaan Palas di musium Lawang Sewu", tutur Yuni.

M.Ilud Siregar selaku Humas PT Kereta Api Pariwisata menjelaskan Kegiatan “Pesona Lawang Sewu (PALAS) mengambil tema “ Creative Ways To Children’s Day” sebagai ajakan bagi para pengunjung mulai dari anak-anak hingga dewasa untuk mencintai dan merawat bangunan-bangunan sejarah di Indonesia. Tujuan itu sekaligus menyemarakkan kegiatan-kegiatan yang ada di museum baik berupa edukasi, sejarah dan hiburan dan diharapkan kegiatan Pesona Lawang Sewu ini sebagai mediator untuk meningkatkan pelayanan ke para pengunjung setia Historic Building Lawang sewu dan mempertahankan eksistensi Lawang Sewu sebagai salah satu destinasi wisata terbaik (ikon) di Kota Semarang. Selain itu diharapkan dapat mendukung pengembangan industry pariwisata dengan cara mendukung program Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata di Indonesia terutama pasca pandemi.

Sementara itu para pengunjung yang ingin menyaksikan dan berkunjung ke acara PALAS III wajib untuk mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah, serta para wisatawan harus melakukan scan barcode pedulilindungi di gerbang pintu masuk yang ditunjukan kepada petugas keamanan pintu masuk.

Kredit

Bagikan