Fashion Show dan Tari Semarakkan HUT I FPPI Sleman

user
Agusigit 20 November 2022, 05:47 WIB
untitled

Krjogja.com - PRAMBANAN - Bupati Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo atas nama Pemkab Sleman atau atas nama pribadi mengapresiasi penyelenggaraan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 tahun 2022 Dewan Pimpinan Cabang Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (DPC FPPI) Kabupaten Sleman, yang diadakan di dusun Dawung, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Sabtu (19/11).

Diakui Kustini, dipilihnya dusun Dawung oleh Mbak Inung Marwoso --Ketua DPC FPPI Sleman dan jajarannya sebagai pusat peringatan HUT DPC FPPI Sleman yang pertama, tentu punya alasan tersendiri, karena di dusun Dawung ini kagungan (memiliki) potensi yaitu punya tanaman bunga anggrek. "Alhamdulillah, dengan adanya tanaman anggrek di dusun Dawung ini, terlebih adanya komunikasi antara FPPI Sleman dengan warga masyarakat di dusun ini, maka tema yang diambil dalam peringatan HUT DPC FPPI Sleman I tahun ini adalah 'Anggrek'. Perlu diketahui harga anggrek itu lumayan. Anggrek tidak mengenal gelombang, harganya tidak mengenal musim. Sejak dulu harganya tetap stabil," ujar Kustini.

Untuk itu lanjut Kustini, pihaknya merasa bangga di mana DPC FPPI Sleman dalam peringatan HUT pertamanya telah melibatkan masyarakat sekaligus memperdayakan warga masyarakat di dusun Dawung. Panitia penyelenggara HUT I FPPI juga telah peduli meningkatkan dan mengangkat kebudayaan yang ada didusun Dawung seperti tarian Dadung Awuk dengan pengiring Srandul Sedyo Rukun, yang tampil saat peringatan HUT I FPPI Sleman di dusun Dawung kali ini," sambung Kustini.

Pada kesempatan itu, Inung Marwoso yang didampingi Ketua panitia Morsa Sudarsono menjelaskan, dipilihnya Pedukuhan Dawung, Bokoharjo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman yang dipimpin Dukuh Aris Gunadi tersebut, karena dusun ini merupakan binaan dari DPC FPPI Sleman yang memiliki anggrek lokal.
"Kita sudah banyak melakukan pelatihan-pelatihan kepada ibu-ibu di dusun Dawung ini. Seperti pelatihan pembuatan makanan, galantin, talant singkong dan tata cara mengelola management home stay. Pasalnya dusun ini dekat dengan daerah wisata Candi Boko. Sebenarnya HUT DPC FPPI Sleman Oktober, tapi kita mundurkan menjadi November. Soalnya berkembangnya anggrek kuku macan di dusun ini antara November-Desember dan hanya berlangsung dua minggu," ujar Inung Marwoso.

Acara HUT I DPC FPPI Sleman semakin meriah, dengan adanya acara fashion show (peragaan busana) yang dibawakan ibu-ibu FPPI Sleman, Ny Wakil Bupati (Wabub) Sleman, juga ada penyerahan baksos paket sembako, penyerahan pohon anggrek Merapi oleh Kustini kepada dukuh Dawung, pelepasan balon, pemotongan tumpeng oleh Bupati dan banyak lagi yang lainnya. (Rar)

Bupati Sleman menyerahkan pohon anggrek Merapi kepada dukuh Dawung pada acara peringatan HUT I FPPI Sleman. KR-Abrar

Kredit

Bagikan