Begini Cara Perpanjangan SIM C dan A di SIM Corner, Jangan Lupa Bawa Ini

user
Tomi Sujatmiko 22 November 2022, 10:06 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Masyarakat yang ingin memperpanjang SIM dapat dilayani Bus SIM Keliling dengan membawa beberapa dokumen yang dibutuhkan. Sesuai ketentuan, masyarakat yang tidak memperpanjang SIM dan melewati batas waktu harus membuat SIM baru.

Pendaftaran perpanjangan SIM dibuka pada pukul 09.00 hingga pukul 10.30 WIB. Selain Bus SIM keliling, perpanjangan juga dapat dilakukan di SIM corner Ramai mal, SIM corner Jogja City Mal di mana kedua tempat ini hanya melayani online dan wilayah DIY.

Adapun persyaratan yang harus disiapkan antara lain :

1. Kartu identitas (KTP/paspor) dan fotokopiannya

2. Membawa SIM asli yang lama

3. Surat keterangan sehat jasmani

4. Biaya perpanjangan SIM C senilai Rp 75 ribu dan SIM A senilai Rp 80 ribu, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016.

Sebagai informasi khusus pelayanan SIM corner Jogja City Mall hanya mendapat kuota sekitar 40 permohonan. Petugas akan mengutamakan pemohon yang masa berlaku SIM sesuai batas akhir. Termasuk H-1 sebelum masa berlaku SIM berakhir. Pemohon mengikuti tes kesehatan dan tes psikologi.

Usai membayar biaya tes dan perpanjangan SIM, pemohon selanjutnya berfoto sesuai arahan petugas. Selanjutnya akan mendapatkan SIM sementara berupa cetakan kertas. SIM sementara ini bisa ditukartak dengan SIM resmi yang berlaku sesuai tanggal jadi SIM. Pengumuman resmi bisa diperoleh melalui media sosial. (*)

Kredit

Bagikan