Peringati HPS Ke-42, Ratusan Siswa SD dan SMP Minum Susu Bersama

user
Agusigit 23 November 2022, 06:12 WIB
untitled

Krjogja.com - BOYOLALI - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Boyolali menyelenggarakan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-42 Tahun 2022 yang bertempat di kantor DKP Kabupaten setempat. Acara tersebut digelar selama dua hari berturut turut yakni Senin-Selasa (21-22/11/2022), sekaligus gerakan minum susu yang diikuti oleh 200 siswa Sekolah Dasar (SD) dan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala DKP Kabupaten Boyolali, Joko Suhartono mengatakan bahwa Lomba Video Makanan Tradisional Boyolali tersebut dalam rangka mendukung kegiatan prioritas Boyolali Kaya Rasa.

“Yang bertujuan menggali informasi dan partisipasi masyarakat dalam melestarikan makanan tradisional. Selain itu, Lomba Kreasi Makanan Olahan Susu bertujuan untuk menggali kreatifitas masyarakat dalam mengolah susu menjadi makanan dengan nilai gizi yang tinggi dan bernialai ekonomi,” ujar Joko ditemui disela-sela acara.

Sementara, Bupati Boyolali M.Said Hidayat yang berkesempatan hadir mengatakan bahwa Kabupaten Boyolali yang terkenal dengan julukan Kota Susu mampu mewujudkan misi Boyolali Kota Susu dan Lumbung Pangan ke masyarakat. Salah satunya dengan mensosialisasikan dan mengenalkan produksi lokal Kabupaten Boyolali kepada anak anak berupa konsumsi susu.

"Boyolali dengan sumber susu dari sapi perah yang begitu melimpah ini benar benar tumbuh kesadaran masyarakat kita khususnya anak anak kita agar mencintai produk produk lokal," kata Bupati.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Boyolali, Marsono berharap dengan peringatan HPS Ke-42 ini mampu menyiapkan lumbung pangan apabila kondisi perekonomian kurang baik.

"Olahan pangan ataupun produk pangan lokal termasuk yang nonnasi atau non beras tentu harapan kami atas nama lembaga diinisiasi oleh pemerintah daerah dalam memperkuat ketahanan pangan kita khususnya di Kabupaten Boyolali. Kalau kami tentunya dari sisi perencanaan harus lebih baik nanti kami akan back up sepenuhnya dari sisi anggaran," jelasnya.

Dalam acara tersebut turut diserahkan hadiah Lomba Video Makanan Tradisional Boyolali dan Lomba Kreasi Makanan Olahan Susu. (R-3)

Kredit

Bagikan