140 Layanan Publik Terintegrasi di MPP Klaten

user
Danar W 23 November 2022, 10:30 WIB
untitled

Krjogja.com - KLATEN - Kabupaten Klaten kini memiliki Mall Pelayanan Publik (MPP). Terdapat 25 instansi dengan 140 jenis pelayanan yang terintegrasi di gedung MPP tersebut.

Bupati Klaten, Sri Mulyani saat soft launching MPP, Selasa (22/11/2022) mengemukakan, Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Klaten dibangun sejak tahun 2021, dengan anggaran Rp 7 miliar pada tahap pertama, dan tahap kedua di tahun 2022 dianggarkan lagi sebesar Rp 2,8 miliar.

Lebih lanjut bupati menjelaskan, MPP digabungkan dengan taman kuliner, yang sedang dibangun bersebelahan. Taman kulinernantinya akan dimanfaatkan para pelaku UMKM di tahun 2023. Selain itu, MPP juga satu kompleks dengan Gedung Wanita.

Mall Pelayanan Publik sengaja ditempatkan dengan beberapa gedung fasilitas lain, agar ke depan para pelaku usaha di Klaten cukup dikenal oleh masyarakat yang akan memanfaatkan perijinan di Klaten. Taman kuliner nantinya juga akan buka 24 jam, seperti halnya rest area.

Bupati berharap MPP bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan seluruh instansi vertikat yang memanfaatkan gedung MPP tersebut. Dengan kehadiran MPP diharapkan bisa meningkatkan pelayanan secara prima di seluruh instansi penyelenggaraan pelayanan publik di Kabupaten Klaten.

“MPP ini untuk meningkatkan pelayanan secara prima, mempermudah dan mempercepat. Masyarakat hanya perlu datang di satu tempat untuk mengurus perijinan. Saya minta Kepala DPMPTSP meningkatkan kapasitas dan skill para petugas, sehingga bisa memberi layanan,” kata Bupati.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengemukakan, pemerintah harus secepatnya merespon setiap ada komplain dari rakyat. Komplain dari satu rakyat menurut Ganjar, sebenarnya adalah komplain dari banyak rakyat, namun hanya seorang tersebut yang berani menyampaikan secara langsung.

Gubernur berharap MPP Klaten benar-benar mewujudkan mimpi pelyanan masyarakat yang mudah, murah dan cepat. “ Kita butuh feedback dari masyarakat. Jika pelayanan sudah baik bisa diupload, dishare, namun jika belum baik jangan diupload. Sampaikan pada bupati, pada kami, biar kami memperbaiki,” kata Ganjar.

Usai acara soft launcing, Gubernur didampingi Bupati meninjau layanan di MPP, serta menyapa para pelaku UMKM yang menggelar bazar di kompleks MPP.(Sit)

Kredit

Bagikan