Laboratorium Inovasi Purbalingga Masuki Tahap Design

user
Agusigit 23 November 2022, 19:31 WIB
untitled

PURBALINGGA  - Kegiatan Laboratorium Inovasi di Purbalingga kini memasuki tahap Design. Laboratorium Inovasi merupakan produk kerjasama Pemkab Purbalingga dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) untuk melahirkan inovasi, sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui terobosan-terobosan baru yang dikembangkan melalui inovasi.
 
"Terdapat lima tahapan model model laboratorium inovasi yang dikembangkan oleh LAN RI," tutur Kabag Organisasi dan Tatalaksana Setda Purbalingga, Yuni Rahayu, saat membuka Kegiatan Laboratorium Inovasi Tahap Design dan Persiapan Lounching Inovasi Kabupaten Purbalingga di Operation Room Gedung Graha Adiguna, Rabu (23/11/22).
 
Masing-masing tahapan drum-up (kemauan berinovasi), diagnose (ide Inovasi), design (rencana aksi), deliver (hasil dan bukti), dan display (promosi dan pemanfaatan inovasi). Pada tanggal 12 dan 13 Oktober 2022, Pemkab Purbalingga telah menyelesaikan tahapan drum-up dan diagnosa. Dan kini memasuki tahap design.
 
Pada tahap Diagnose, lanjut Yuni, telah melahirkan 174 ide inovasi dari 35 OPD, 18 Kecamatan, 25 Puskesmas dan 8 BUMD.  Ini membuktikan tingginya semangat berinovasi di lingkungan Pemkab Purbalingga. Pada tahap Design, Pemkab Purbalingga akan mendapat review dan masukan dari tim LAN RI untuk menyempurnakan usulan ide inovasi dan kemudian di implementasikan. 
 
"Inovasi yang dihasilkan dalam Laboratorium Inovasi akan dipamerkan dalam Purbalingga Expo pada 15 Desember 2022 nanti," ujarnya.
 
Hesti Annisa selaku narasumber dari LAN RI menyampaikan, 174 ide inovasi yang dilahirkan pada tahap diagnose merupakan jumlah yang luar biasa. Ide-ide  tersebut akan menjadi karya inovasi baru untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses pelayanan publik.
 
"Pada tahap ketiga ini LAN akan memberikan pembelajaran cara mendesain sebuah inovasi sampai dengan rencana aksi yang akan dilakukan,untuk kemudian masuk tahap keempat yaitu Delivery," ujarnya. (Rus)

Kredit

Bagikan