Lawan Ekonomi Kapitalis, Hippi Minta Dukungan Kebijakan Pemerintah

user
Tomi Sujatmiko 24 November 2022, 18:24 WIB
untitled

Krjogja.com - KULONPROGO - Guna melawan ekonomi kapitalis diperlukan dukungan pemerintah secara optimal. Agar para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa naik kelas sehingga berani bersaing dan bertanding melawan pemilik ekonomi kapitalis memang dibutuhkan kebijakan pemerintah yang pro rakyat.

Apalagi UMKM selama ini lebih condong ke ekonomi kerakyatan, sehingga menjadikan UMKM belum bisa bersaing dan bertarung dengan pemilik ekonomi kapitalis.

“Agar UMKM memiliki kekuatan melawan kapitalis, pemerintah harus memberikan dukungan kebijakan politis dan tindakan nyata,” kata Ketua DPD Himpunan Pengusaha Pribumi (Hippi) DIY Sarbini di sela pembukaan pameran UMKM Happy New Year market di Kawasan Tugu Malioboro (KTM) Yogyakarta International Airport (YIA), Kamis (24/11).

Diungkapkan, para pelaku UMKM selama ini mengalami keterbatasan akses ke perbankan untuk mendapatkan modal. Tidak sedikit yang terkendala agunan, sehingga usaha yang dijalankan stagnan. “Pemerinta harus turun memfasilitasi. Bank juga harus merubah paradigma dari ekonomi kapitalis ke ekonomi kerakyatan. Berilah kemudahan dan kesempatan bari para pelaku UMKM,” ujarnya.

HALAMAN

Kredit

Bagikan