“Welcome Back to Museum”, Duta Museum Lintas Angkatan Berkumpul di Sonobudoyo

user
Agusigit 25 November 2022, 11:15 WIB
untitled

 YOGYA - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, menggelar kegiatan temu duta museum lintas generasi di Museum Sonobudoyo, 19-20 November lalu. Dikemas dengan tajuk Welcome Back To Museum, duta-duta ini ingin terus mempromosikan museum-museum di DIY. 
 
Kegiatan silaturahmi antar-angkatan Duta Museum DIY ini diawali dengan adanya Museum Fashion Day. Kegiatan Museum Fashion Day (MFD) ini dilakukan di Museum Sonobudoyo. Kegiatan dibuka oleh Kepala Museum Sonobudoyo, Setyawan Sahli yang menyampaikan bahwa kegiatan reuni Duta Museum antar-angkatan diharapkan dapat kembali merekatkan silaturahmi serta kembali mempromosikan museum-museum yang ada di DIY. 
 
Sementara, Kepala Seksi Permuseuman Disbud DIY, Ibu Wismarini mengatakan bawasanya generasi muda sering kali menghabiskan waktu luangnya dengan jalan-jalan, nongkrong di cafe hingga bermain game. Masuknya era globalisasi secara perlahan mengikis dan menghilangkan kebiasaan yang sudah lama ada. 
 
“Oleh karena itu para anak muda pada saat ini sangat sedikit sekali yang tertarik pergi ke museum untuk mempelajari dan mengetahui  sejarah, padahal museum merupakan tempat yang memiliki sangat banyak nilai-nilai sejarah di dalamnya. Faktanya, sangat jarang orang yang menjadikan museum sebagai destinasi wisata mereka. Tetapi di negara-negara lain, museum merupakan tempat yang sangat sering dikunjungi karena nilai-nilai  sejarahnya. Sehingga kegiatan ini sangat cocok untuk menggalang masa untukmencintai museum,” ungkapnya dalam rilis tertulis, Jumat (25/11/2022).
 
Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan dialog dengan dua narasumber yaitu Ayu Helena Cornellia (DUMUS 2014) dan Ria Putri Palupijati, (DUMUS 2017). Hal yang diangkat yakni flashback pemilihan Duta Museum angkatan masing-masing, aktivitas masing-masing saat ini, pandangan terhadap peran IDM di permuseuman serta hal yang dapat dilakukan saat ini untuk pemajuan museum. 
 
“Dengan adanya acara Gathering dan Sharing Session ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat untuk lebih menghargai sejarah yang kita miliki, serta menumbuhkan nilai-nilai akan sejarah di masyarakat dan menambah jumlah kunjungan ke museum-museum yang ada di DIY,” pungkas Kepala Museum Sonobudoyo, Setyawan Sahli. (Fxh)

Kredit

Bagikan