Siswa MTsN 5 Sragen Belajar Demokrasi Lewat Pemilu OSIM

user
Agusigit 25 November 2022, 11:32 WIB
untitled

 SRAGEN - Sebanyak 992 siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Sragen mengikuti pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM), Jumat (25/11/2022). Menariknya, proses pemilihan digelar layaknya pesta demokrasi pemilu.
 
Semua tahapan pemilihan ketua OSIM dilakukan seperti pemilu yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Bilik suara, kotak suara, alat coblos juga dipinjam dari KPU Sragen. Pemilu Ketua OSIM merupakan rangkaian peringatan HUT ke-26 MTsN sekaligus bertepatan dengan hari guru.
 
Kepala Sekolah MTsN 5 Sragen, Muawanatul Badriyah mengatakan, pemilihan ketua OSIM sengaja digelar menyerupai pemilu sebagai bentuk pembelajaran para siswa. Sehingga saat nanti para siswa sudah memiliki hak pilih, mereka bisa mengikuti dengan penuh tanggung jawab. "Ini merupakan miniatur pesta demokrasi yang sesungguhnya. Kami sengaja meminjam semua peralatan dari KPU agar para siswa tahu proses pemilu sesungguhnya. Surat suara juga kita bikin sama persis surat suara pileg," ujarnya.
 
Menurut Ana, panggilan akrabnya sebelum para siswa menyalurkan hak pilihnya untuk memilih pasangan ketua dan wakil ketua OSIM, dua pasang calon yang bertarung diberi kesempatan untuk menyampaikan visi misi. Dengan demikian, siswa pemilik hak suara bisa memilih yang sesuai hati nuraninya.
 
Ana menjelaskan, selain pemilihan Ketua OSIM, pihak sekolah juga akan menggelar berbagai kegiatan dalam rangka peringatan HUT MTsN. Di antaranya jalan sehat dan gelaran market day yang akan menampilkan 30 stan yang dikelola siswa sendiri. "Jadi kami siapkan 30 stan sesuai jumlah kelas. Silakan para siswa belajar mau menampilkan atau berjualan produknya. Di sini para siswa diajarkan tentang produksi sekaligus marketing sesuau ajaran Islam," tandasnya.
 
Sedangkan puncak acara akan diisi pentas seni seluruh ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Semua diberi kesempatan untuk menampilkan aksinya. "Sekaligus digelar acara pentasarufan zakat, yakni pemberian bantuan peralatan produksi untuk wali muris yang membutuhkan. Seperti ternak ayam, kambing dan alat cup jualan es," tambah Ana. (Sam)

Kredit

Bagikan