12 Grup Ramaikan Festival Ketoprak Pelajar Klaten

user
Agusigit 25 November 2022, 12:10 WIB
untitled

Krjogja.com - KLATEN - Sebanyak 12 sekolah tingkat SD dan SMP, akan beraksi dalam Festival Ketoprak Pelajar (FKP) ke - 11/2022. Festival memperebutkan piala Bupati Klaten tersebut, akan berlangsung dua hari, Sabtu dan Minggu, 26 dan 27 November 2022, di Gedung Kesenian SD Krista Gracia Klaten.

FKP yang diselenggarakan Dewan Kesenian tahun ini, merupakan kelanjutan FKP yang sebelumnya telah dirintis dan diselenggarakan oleh Edy Sulistyanto dengan Amigo grup miliknya. Edy Sulistyanto dengan Amigo  telah menyelenggarakan FKP selama 10 tahun berturut-turut, hingga berhasil memasyarakatkan seni tradisional ketoprak di kalangan pelajar.

Ketua Dewan Kesenian Klaten, FX Setiawan didampingi Sekretaris Djoko Sarjono mengemukakan, tahun ini festival hanya diadakan untuk tingkat SD dan SMP. FKP tingkat SMA tahun ini ditiadakan, karena keterbatasan anggaran.

Hal senada dikatakan Ketua Panitia FKP ke -11, Sihono. Menurut Sihono, FKP tingkat SMA direncanakan akan diselenggarakan kembali pada tahun 2023.  “Tahun ini kita adakan dengan peserta terbatas, yang penting FKP tetap jalan. Anggaran kita hanya Rp 30 juta, jauh kalau dibanding dengan Pak Edy yang setiap event beliau  mengeluarkan anggaran Rp 700 juta.  Berkat beliau, ketoprak merasuk di kalangan pelajar, dan sekarang diserahkan pada Dewan Kesenian. Terimakasih atas dedikasi beliau,” kata Sihono.

FKP Piala Bupati Klaten tingkat SD-SMP ke-11/2022 akan menampilkan 5 grup ketoprak SMP. Terdiri SMP Lazuardi Klaten dengan lakon Sunan Tembayat, MTs Trucuk lakon Sang Surya Amadangi jagad, SMPN 1 Klaten lakon Getun Keduwung, SMPN 2 Karangnongko lakon Udan, dan SMPN 7 Klaten lakon Timun Mas.

Tujuh grup ketoprak SD yang akan tampil terdiri, SD Lazuardi dengan lakon Bawang Abang Bawang Putih, MIM Puluhan Trucuk lakon Sunan Tembayat, SDN Pakahan lakon Ki Hajar Bajing, SDN 2 Ngemplakseneng lakon lembu Ken Sora, SDN 3 Kalikotes lakon Ombak Segara Kidul, SDN 1 Barenglor lakon Calonarang, dan SDN 1 Wonoboyo dengan lakon Bumi Wonoboyo.(Sit)

 

Kredit

Bagikan