Kalurahan Sendangsari Pengasih Jadi Duta DIY

user
Ivan Aditya 26 November 2022, 01:33 WIB
untitled

Krjogja.com - KULONPROGO - Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih Kabupaten Kulonprogo menjadi duta Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam Penilaian Apresiasi Desa dalam Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Nasional 2022.

“Saya ingin warga Kalurahan Sendangsari Kulonprogo bisa menjadi salah satu sumber daya manusia (SDM) yang paling maju atas dasar informasi dan kesempatan yang sama. Anggaplah ini sebagai pembuka gerbang bagi kemajuan Kulonprogo,” kata Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) sekaligus Ketua Tim Evaluasi dan Apresiasi Desa dalam Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik Desa, H Arya Sandiyudha Pratama Ph.D saat berkunjung ke Kalurahan Sendangsari Pengasih, Jumat (25/11/2022).

Kalurahan Sendangsari masuk nominasi 10 besar lomba Apresiasi Desa dalam Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Nasional 2022 dengan nilai tertinggi yaitu 77,5. Saat ini Kelurahan Sendangsari memasuki tahap visitasi Apresiasi Desa oleh Tim KIP.

Di depan Tim Penilai, pihak Pemerintah Kalurahan (Pemkal) Sendangsari memperkenalkan berbagai produk informasi yang telah dikembangkan seperti layanan informasi mengenai desa melalui aplikasi pesan WhatsApp, unggahan podcast melalui Youtube, pengembangan website resmi daerah dan papan informasi cetak yang dipasang di sekitar kantor kelurahan serta beberapa titik strategis di sekitar kalurahan.

Berbagai produk yang dikembangkan tersebut bertujuan mendorong implementasi keterbukaan informasi publik di tingkat kalurahan, sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat. Dalam pelaksanaannya, pendampingan dan pembimbingan terhadap Kalurahan Sendangsari dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Kulonprogo dan Kapanewon Pengasih.

Ketua Tim Evaluasi dan Apresiasi Desa dalam Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik Desa, Arya Sandiyudha Pratama PhD mengatakan, apresiasi yang didapat diharapkan tidak hanya menjadi modal dalam meningkatkan finansial masing-masing unit, tapi juga menjadikan SDM Sendangsari lebih maju dalam aset informasi.

Sementara Pj Bupati Kulonprogo Tri Saktiyana MSi mengungkapkan, Kalurahan Sendangsari sudah informatif dalam pelayanannya bagi masyarakat. Teknologi informasi yang diterapkan hendaknya bisa dikembangkan lagi. Informasi tentang kalurahan tegasnya adalah hak masyarakat untuk mengaksesnya, baik terkait administrasi kalurahan, keuangan, pembangunan kalurahan maupun pemberdayaan masyarakat kalurahan.

Tapi kenyataannya tidak seluruh masyarakat kalurahan bisa memperoleh informasi tentang kalurahannya secara mudah. Hal tersebut terjadi karena masih banyak penyelenggara pememerintahan kalurahan kurang memberikan akses informasi kepada masyarakat.

“Ketersediaannya informasi kalurahan yang bisa diakses masyarakat menjadi bagian penting dalam mewujudkan good governance serta tata kelola kalurahan yang baik,” ujarnya. (Rul)

Kredit

Bagikan