Polres Sukoharjo Sosialisasikan KTP Digital kepada Seluruh Anggota

user
Ivan Aditya 26 November 2022, 08:44 WIB
untitled

Krjogja.com - SUKOHARJO - Polres Sukoharjo menggelar sosialisasi pemasangan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital kepada seluruh anggota Polres maupun Polsek jajaran. Penerapan KTP digital tersebut sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Jumat (25/11/2022) mengatakan, sosialisasi tersebut digelar dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah pusat mengenai penggunaan KTP digital. Dimana kebijakan Identitas Kependudukan Digital (IKD) tersebut mulai diterapkan di instansi vertikal dan BUMN se Kabupaten Sukoharjo.

"Jadi kita sosialisasikan kepada seluruh anggota, sehingga nanti anggota bisa menyampaikan kebijakan ini kepada masyarakat," ujarnya.

Untuk diketahui, pemerintah pusat telah mencanangkan penggunaan KTP digital sejalan dengan masifnya penggunaan gawai dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan KTP digital, Kapolres menjelaskan kita tidak perlu lagi membawa keping KTP secara fisik. Cukup mengaksesnya di aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di ponsel. Aplikasi berbasis Android ini bisa diunduh di Google Playstore.

Identitas digital ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 72 tahun 2022 tentang standar dan spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak, dan blanko KTP-El, serta penyelenggaraan identitas kependudukan digital.

Permendagri tersebut menjelaskan identitas kependudukan digital adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

Dengan identitas kependudukan digital, masyarakat tidak perlu lagi menyimpan kartu tanda pengenal dalam bentuk fisik. Cukup hanya menunjukkan quick response (QR) code yang ada dalam aplikasi Identitas Kependudukan Digital untuk keperluan administrasi. (Mam)

Kredit

Bagikan