Polres dan Pemkab Kebumen Integrasikan CCTV dan ATCS

user
Ivan Aditya 26 November 2022, 07:50 WIB
untitled

Krjogja.com - KEBUMEN - Polres dan Pemkab Kebumen menandatangani nota kesepakatan tentang integrasi pemanfaatan CCTV dan Area Control System (ATCS) yang dimiliki Pemkab Kebumen untuk menangani keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas), sekaligus untuk memantau titik rawan kriminalitas sehingga diharapkan dapat menekan angka kejahatan di Kabupaten Kebumen.

Nota kesepakatan ditandatangani Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin dan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di Mapolres Kebumen, Kamis (24/11/2022). "Ada beberapa poin dari nota kesepakatan, di antaranya tentang kamera CCTV yang saling terintegrasi antara Polres dengan Pemkab. Nanti kamera yang terpasang bisa untuk penindakan pelanggaran lalu-lintas," jelas AKBP Burhanuddin.

Manfaat lain, untuk memonitor kegiatan masyarakat bersekala besar karena seluruh kendaraan patroli dilengkapi CCTV dan GPS untuk memaksimalkan pelayanan di tengah masyarakat. "Kamera yang terpasang bisa sebagai pendukung alat bukti yang sah dalam rangka kepentingan penyelidikan dan penyidikan suatu tindak pidana, serta untuk menganalisa dan memantau titik rawan kejahatan dan kriminalitas," lanjut Kapolres.

Polres dan Pemkab Kebumen juga menyepakati kerja sama beberapa bidang dan kegiatan, di antaranya kegiatan vaksinasi dan pencegahan wabah penyakit, penegakan hukum, penanganan bencana alam, stabilitas harga pangan, pendampingan anak berhadapan hukum, penanggulangan pengemis gelandangan dan orang terlantar (PGOT), mencegah kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba dan paham radikalisme, kegiatan penegakan Perda, pengamanan kegiatan masyarakat berskala besar, pengamanan Pemilu, pemeriksaan dokumentasi administrasi kependudukan, hibah, serta kegiatan lain yang disepakati bersama. (Suk)

Kredit

Bagikan