Kelompok Tani di Salatiga Terima Bantuan 10 Sapi

user
Ivan Aditya 26 November 2022, 12:45 WIB
untitled

Krjogja.com - SALATIGA - Dinas Dinas Pangan dan Pertanian Salatiga memberi bantuan 10 sapi kepada Kelompok Tani (KT) terdampak wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Bantuan ini secara simbolis diserahkan oleh Penjabat (Pj) Walikota Salatiga Sinoeng N Rachmadi didampingi Kepala Dinas Pangan dam Pertanian, Henni Mulyani di Kelompok Tani Sri Mulih Dusum Kradenan Tingkir Lor, Jumat (25/11/2022).

Henni Mulyani mengatakan ada wilayah yang tidak terdampak PMK juga mendapatkan bantuan sapi. Tujuan dari pemberian bantuan sapi untuk meningkatkan populasi ternak melalui pemberian bibit sapi yang sebelumnya menurun populasinya karena wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Selain bantuan sapi ini juga diberikan bantuan penguatan pakan ternak pada kelompok tani yang wilayahnya terdampak PMK. Sedangkan wilayah yang tidak terkena PMK diberi bantuan ternak dan pakan ternak.

“Setelah dilakukan validasi dan seleksi oleh tim Calon Penerima Bantuan Lokasi (CPBL), maka ditetapkan data penerima bantuan dengan SK Kepala Dinas," kata Henny Mulyani.

Kelompok tani yang menerima bantuan sapi yakni Kelompok Tani tani Sri Mulih Kradenan Tingkir Lor (2 sapi), Kelompok Tani Margo Utomo Noborejo Wetan (1 sapi), Kelompok Tani Budi Utomo Nobo Kulon (3 sapi), Kelompok Tani Laras Mulyo Ngemplak Kumpulrejo (2 sapi) dan Kelompok Tani Rukun Santoso I Tetep Wates Kumpulrejo (3 sapi).

Secara simbolis penyerahan bantuan dilaksanakan di dua tempat yaitu di Kelompok Tani Sri Mulih Kradenan Tingkir Lor dan di Kelompok Tani Rukun Santoso I Tetep Wates Kelurahan Kumpulrejo. Penjabat Walikota Salatiga, Sinoeng M Rachmadi Ali Kota dalam sambutannya memberikan apresiasi kelompok tani Sri Mulih kompak.

“Saya berkunjung ke kelompok tani Sri Mulih ini sudah kali ketiga. Dan saya menangkap sinyal kekompakan tersebut, sehingga memang layak untuk diberikan bantuan karena usaha dan semangatnya. Kedepan semoga bukan hanya sapi, tapi hewan ternak lain seperti kambing bisa diberikan kepada kelompok tani di Kota Salatiga,” ungkap Sinoeng. (Sus)

Kredit

Bagikan