13 Poklahsar Ikuti Bazar Forikan

user
Ivan Aditya 26 November 2022, 14:44 WIB
untitled

Krjogja.com - KULONPROGO - Sebanyak 13 Kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan (Poklahsar) mengikuti bazar yang digelar Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Kulonprogo, di depan rumah dinas bupati, Jumat (25/11/2022). Dibuka Pj Bupati Drs Tri Saktiyana MSi, kegiatan ini satu rangkaian dengan peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) dan HUT ke-51 Korpri.

Selain bazar, juga dilakukan sosialisasi keamanan pangan ikan dan gizi ikan kepada ibu hamil dan menyusui. Sosialisasi disampaikan oleh Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Kemanaan Hasil Perikanan Yogyakarta - KKP RI (Stasiun KIPM Yogyakarta) materinya memberikan edukasi tentang penanganan ikan yang baik, mewaspadai adanya penggunaan bahan berbahaya pada olahan ikan (seperti formalin).

Kegiatan Forikan Kulonprogo ini terselenggara atas dukungan dari Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, serta didukung oleh Stasiun KIPM Yogyakarta dan UGM, serta dengan Program Bayar pakai QRIS Bank BPD DIY Mobile cashback 50 persen, dengan maksimal Cashback
Rp 5.000.

Forikan sendiri dibentuk untuk meningkatkan konsumsi makan ikan Kulonprogo. Terbentuk pada 2018, Forikan diketuai oleh Tim Penggerak PKK Kulonprogo. Bazar ini digunakan sebagai sarana Forikan untuk mensosialisasikan menu ikan kepada para tamu kegiatan dan bazar produk olahan kelompok UMK.

Pj Bupati Drs Tri Saktiyana MSi mengajak untuk mengkonsumsi makan ikan. "Makan ikan menyehatkan, mencerdaskan untuk generasi unggul," ujarnya.

Ir Trenggono Trimulyo MT Keoqla Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo menyatakan, bazar ini selain sebagai pengenalan produk perikanan ke masyarakat secara luas, mendukung upaya peningkatan gizi masyarakat, turut pula mendukung program kabupaten dalam rangka menurunkan angka stunting. Edukasi gizi kepada ibu hamil dan ibu menyusui diharapkan dapat berdampak positif pada kualitas makanan bagi anak balita. "Melibatkan Poklahsar, sebagai upaya mendukung kegiatan pemberdayaan wanita untuk ikut menggairahkan perekonomian di tingkat masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ir Hj Asyantini MM Wakil Ketua Harian Forikan DIY menyampaikan tentang pentingnya konsumsi ikan bagi ibu hamil dan anak. "Kandungan gizi tinggi adalah pada ikan karena kandungan omega-3 nya turut mendukung perkembangan kecerdasan bagi calon anak (bagi ibu hamil) dan anak anak," ucapnya. (Wid/Rul)

Kredit

Bagikan