Dandim 0726 Sukoharjo Serahkan Sumur Pompa Hydram Kepada Warga Gentan Bulu

user
Ivan Aditya 26 November 2022, 12:57 WIB
untitled

Krjogja.com - SUKOHARJO - Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi didampingi Ibu Stevie Slamet Riyadi melaksanakan penyerahan sumur pompa Hydram dalam rangka program air bersih TNI AD di Embung Sebo Menggolo Desa Gentan, Kecamatan Bulu Sukoharjo. Bantuan tersebut sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah yang sering terdampak kekeringan.

Dandim 0726/Sukoharjo, Sabtu (26/11/2022) mengatakan, penyerahan sumur pompa Hydram sudah terlaksana pada Jumat (25/11/2022). Program ini dalam rangka penyediaan air untuk  mengaliri sawah atau tanah pertanian bagi warga masyarakat Desa Gentan khususnya dari masyarakat Kecamatan Bulu pada umumnya. 

"Kita bersyukur bahwa keberadaan pompa hydram tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat  semoga apa yang kita upayakan bersama ini menjadi wujud kontribusi positif bagi kita semua," ujarnya.

Dandim berharap bahwa tandon air dengan sistem hydram yang dibuat dapat digunakan dengan jangka waktu yang panjang. Sebab keberadaanya memiliki manfaat sangat besar bagi masyarakat. "Saya meminta kepada warga untuk bersama-sama menjaga dan merawat serta mengelola keberadaannya sehingga kemanfaatannya dapat berkesinambungan," lanjutnya.

Kepala Desa (Kades) Gentan Kecamatan Bulu Kemis mengatakan, berterima kasih dengan adanya program TNI manunggal air dari KASAD dan Pangkostrad serta Dandim 0726/Sukoharjo. "Warga masyarakat merasakan langsung manfaat dari program ini, terbukti bisa membantu masyarakat dalam mengatasi kesulitan air, baik air untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk pertanian," ujarnya.

Warga Desa Gentan Kecamatan Bulu setiap tahun selalu mengalami masalah kekurangan air bersih untuk konsumsi rumah tangga dan air mengairi pertanian. Kondisi tersebut terjadi setiap musim kemarau dimana lingkungan menjadi kering. Warga selama ini sering mengandalkan pemenuhan kebutuhan air dari hujan.

Kekurangan air bersih membuat warga Desa Gentan Kecamatan Bulu sering meminta bantuan kepada Pemkab Sukoharjo dan pihak terkait. Bantuan air bersih dikirim setiap tahun saat musim kemarau yang berdampak pada kekeringan. "Sekarang sudah ada sumur pompa Hydram bantuan dari Kodim 0726 Sukoharjo dan sangat membantu masyarakat. Kebutuhan air warga bisa terpenuhi," lanjutnya. (Mam)

Kredit

Bagikan