Meriah! Daihatsu Kumpul Sahabat di Jogja

user
Agusigit 26 November 2022, 17:16 WIB
untitled

SLEMAN - Gelaran Daihatsu Kumpul Sahabat Jogja resmi dibuka, Sabtu (26/11/2022) siang di Museum Gunungapi Merapi (MGM). Lebih dari 1000 mobil dengan 44 komunitas berkumpul untuk bersukaria sekaligus bersilaturahmi bersama. 
 
Mobil-mobil berbagai tipe dari merk Daihatsu diparkir berderet di sepanjang akses museum yang sebenarnya pekan ini mulai ditutup untuk umum karena tengah direnovasi hingga tujuh bulan ke depan itu. Hal tersebut menjadi geliat tersendiri untuk pariwisata di Jogja utara, seperti diutarakan Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo yang hadir secara langsung dalam pembukaan.
 
“Museum Gunungapi Merapi ini sebenarnya tutup untuk renovasi, namun venue outdoor-nya yang luas bisa dimanfaatkan untuk event komunitas otomotif seperti ini, sehingga tetap hidup destinasi ini,” ungkap Singgih dalam pembukaan. 
 
Dinas Pariwisata DIY menurut Singgih saat ini gencar merangkul komunitas agar bisa menjadi pendorong bangkitnya destinasi destinasi yang masih minim kunjungan pasca pandemi Covid-19 mereda. Konsep wisata berbasis komunitas atau community tourism potensial menjadi penggerak wisata pasca pandemi.
 
“Komunitas ini di dalamnya ada ikatan personal antar anggotanya, jadi ketika ada satu kegiatan dimunculkan, seluruh anggotanya terdorong sukarela bergerak, berbeda dengan kelompok wisata mandiri yang berbasis minat pada destinasi tertentu. Makanya kalau komunitas menentukan destinasi apapun untuk acaranya, para anggotanya akan mengikuti, karena tujuan utamanya silaturahmi," lanjutnya. 
 
Singgih secara langsung mengapresiasi gelaran Daihatsu Kumpul Sahabat Jogja yang menghadirkan suasana gembira di Museum Gunungapi Merapi. “Meskipun museum Gunung Merapi ini masih tutup, dengan adanya kegiatan di sini bisa menjadi investasi promosi, mereka yang dari luar Yogya jadi tahu dan diharapkan akan datang saat museum ini nanti selesai renovasi," tandas Singgih.
 
Sementara, Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan kegiatan di kawasan destinasi itu meliputi kumpul komunitas dipusatkan di area Museum Gunung Api Merapi (MGM) dan Adopsi Pohon dipusatkan di Kawasan Kaliurang Timur tepatnya di Tankaman Nature Park. 
 
“Untuk event yang dipusatkan di Museum Gunung Api Merapi ini kami melibatkan 30 usaha mikro kecil menengah dan 20 foodtruck sebagai ajang kuliner. Selain itu peserta dari berbagai daerah itu juga disuguhi berbagai pertunjukan kesenian tradisional, lomba bakiak, dan tarik tambang antarkomunitas, lomba fashion show, Ekonomi  Kreatif Expo (Ekraf Expo), Foodtruck Corner, Kids Corner, Pesta Jadah Tempe, ngopi gratis bareng Komunitas Kopi Nusantara, dan Remote Control Contest,” ungkapnya. 
 
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa yang juga hadir mengatakan perlu terobosan untuk mempromosikan wisata selain cara konvensional. Keterlibatan komunitas dengan event yang berasal dari bawah, bukan dari pemerintah menjadi salah satu yang bisa dilakukan. 
 
“Seperti acara komunitas otomotif ini, programnya dirancang sendiri sesuai selera komunitas. Kami sangat mengapresiasi acara ini, semoga ke depan semakin banyak manfaat yang didapatkan masyarakat dari gelaran-gelaran seperti ini,” pungkas Danang. (Fxh)
 
 

Kredit

Bagikan