Unissula–Unhas Perkuat Kolaborasi

user
Agusigit 26 November 2022, 23:11 WIB
untitled

SEMARANG - Universitas Islam Sultan Agung (Unisula) memperkuat kolaborasi melalui kerja sama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara kedua Rektor. Acara penandatangan dilakukan saat kunjungan kerja sama Unissula ke Makassar Kamis (24/11). 
 
Delegasi Unissula dipimpin langsung oleh Rektor Prof Dr Gunarto SH MH. Selain Rektor, turut pula Dekan Fakultas Hukum (FH) Dr Bambang Tri Bawono, Wakil Dekan I FH Dr Widayati, Kaprodi Program Doktor Ilmu Hukum  (PDIH) Prof Dr Anis Masdurohatun, sekretaris PDIH Prof Dr Sri Endah Wahyuningsih. Turut mendampingi pula Kaprodi Magister Ilmu Hukum (MIH) Dr Denny Suwondo, Sekprodi MIH Dr Andre Winjaya Laksana, Kaprodi Magister Kenotariatan Dr Jawade Hafidz, Kaprodi S1 Ilmu Hukum Dr Achmad Arifullah, dan Kabiro Keuangan Ahmad Salim. 
 
Dalam sambutannya, Prof Gunarto memperkenalkan Unissula yang sebagian besar program studinya telah terakreditasi A dan unggul. Selain itu, Unissula juga memiliki Budaya Akademik Islami (Budai) sebagai strategi pendidikannya.
 
“Pendidikan di Unissula mengintegrasikan nilai nilai sains dan nilai nilai agama untuk menghasilkan generasi khaira ummah (generasi terbaik),” ungkapnya.
 
Lebih jauh ia menjelaskan dalam rangka membangun generasi khaira ummah Unissula juga mengimplementasikan pesantren birrul walidain agar civitas akademikanya memiliki kepedulian kepada kedua orang tuanya. Serta menjalankan takrimul aulad untuk mendidik dan memuliakan anak anak. 
 
Kerjasama pendidikan yang dibangun dengan Unhas diharapkan semakin mempermudah akses kolaborasi kedua institusi khususnya dalam bidang sitasi dan pengelolaan jurnal internasional terakreditasi. 
 
“Demikian juga sangat penting membangun sinergi dalam pengembangan hard skill, soft skill sehingga menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi dan siap berkompetisi di era global,” pungkasnya. 
 
Rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa merespon baik tawaran Unissula dan siap membangun poros kolaborasi. 
 
“Unhas memiliki tiga jurnal terindeks Scopus. Kami juga memiliki 350 profesor. Kami juga setuju saling mensitasi jurnal dan berkolaborasi,” pungkasnya.  
 
Nota Kesepahaman yang baru saja ditandatangani, langsung diimplementasikan lewat penandatanganan perjanjian kerja sama antara Dekan Fakultas Hukum dari kedua institusi. Penandatanganan tersebut merupakan sebuah komitmen agar kerja sama yang telah terjalin bisa langsung membawa manfaat. (Sgi)

Kredit

Bagikan