Girpasang dan Kali Talang Jawara API 2022

user
Agusigit 26 November 2022, 22:10 WIB
untitled

KLATEN - Kabupaten Klaten berjaya di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2022, dengan meraih dua penghargaan sekaligus. Yakni, obyek wisata Girpasang Desa Tegalmulyo juara 1 Kategori destinasi wisata dataran tinggi, dan obyek wisata Kali Talang Bike Park Desa Balerante juara 3 kategori destinasi wisata olahraga petualangan.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, didampingi Kepala Bagian Prokopim Setda Klaten, Tri Nugroho Pujo Warono, Sabtu (26/11/2022) mengemukakan, penghargaan diterima langsung pada malam puncak API Award 2022, di gedung AAC Dayan Dawood, Kota Banda Aceh, Jumat malam ( 25/11/2022).

Bupati mengucapkan terimakasih pada masyarakat dan semua pihak yang telah bersama-sama memajukan wisata di Klaten, sehingga berhasil meraih penghargaan. Dua penghargaan tersebut sebagai motivasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Klaten melalui bidang pariwisata.

“Saya berharap pariwisata di Klaten makin baik. Wisata yang dikelola kabupaten, desa, maupun swasta, mari terus berbenah, agar makin dikagumi wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyaknya wisatawan yang datang, tentu akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Bupati.

Girpasang terletak sekitar 1.200 MDPL di lereng Gunung Merapi, kawasan Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten. Sebelumnya merupakan dukuh terisoslir yang hanya dihuni oleh 12 kepala keluarga terdiri 39 jiwa.

Satu-satuanya akses saat itu hanyalah jalan setapak naik turun jurang yang membelah Dusun Girpasang dan Dusun Ngringin. Untuk membuka isolasi Girpasang, Bupati Klaten berupaya keras, agar Warga Girpasang dibuatkan jembatan gantung.

Komitmen membuka isolasi itu juga disampaikan langsung pada Presiden Joko Widodo. Akhirnya pemerintah pusat menganggarkan Rp 4 miliar dari APBN 2021, untuk membangun jembatan gantung sepanjang 120 meter yang membentang diatas jurang berkedalaman lebih dari 100 meter tersebut.

Setelah dibangun jembatan gantung, Girpasang menjadi destinasi wisata yang sangat terkenal. Ribuan pengunjung berdatangan untuk menikmati panorama alam dan sejuknya atmosfer Gunung Merapi. Selain itu, juga untuk mencoba jembatan gantung serta adu nyali dengan naik gondola.

Kepala Disbudparpora Klaten, Sri Nugroho mengemukakan, tahapan awal dari sekitar 3.000 peserta, Klaten masuk nominasi 180 besar, hingga 5 besar. Polling dimulai sejak Juni dan ditutup September 2002, akhirnya Klaten meraih dua penghargaan sekaligus. (Sit)

 
 

Kredit

Bagikan