Tanah Gunungan di Salakambang Disulap Jadi Rest Area

user
Ivan Aditya 28 November 2022, 17:33 WIB
untitled

Krjogja.com - PURBALINGGA - Areal lahan berupa gundukan tanah di Desa Selakambang Kecamatan Kaligondang bakal diubah menjadi sebuah rest area. Letak rest area yang diberi nama Taman Gembrungan itu sangat strategis karena di persimpangan jalan Purbalingga-Pengadegan dan Purbalingga-Penolih Kejobong.

Lahan untuk membangun rest area itu merupakan tanah kas desa. Pemerintah desa (Pemdes) Selakambang berencana mengalokasikan dana pembangunan Rp 1,5 Miliar. 

"Tapi pada tahap ini baru mampu mengalokasikan Rp 200 Juta dari dana desa. Dana ini baru bisa dimanfaatkan untuk penataan tempat," tutur Kades Selakambang Bambang Wibowo, usai Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menandatangani prasasti peresmian Taman Gembrungan sekaligus roadshow UMKM Pemulihan Ekonomi, Senin siang (28/1/2022).

Gagasan membangun rest area Taman Gembrungan berawal dari keberadaan tanah kas desa yang tidak digunakan dan masih berupa pegunungan. Setelah melalui diskusi  Kades Bambang Wibowo bersama perangkat desa lainnya membuat masterplan Taman Gembrungan tersebut.

Setelah diresmikan, Taman Gembrungan bakal dikembangkan menjadi pusat kuliner. Saat ini, tidak kurang dari 125 pelaki UMKM di Selakambang sudah membuka lapak di taman  Gembrungan.

"Kami juga berharap nantinya Taman Gembrungan bisa menjadi kawasan titik kumpul para pengunjung di sejumlah titik wisata di kecamatan kaligondang," ujarnya.

Pemdes Selakambang juga menjalin kerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan berupa kegiatan pelatihan bagi pelaku UMKM di Selakambang. Termasuk kegiatan membuat makanan olahan berbahan dasar singkong. Hasil pelatihan itu berupa wingko ketela. 

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi mengungkapkan,  dipilihnya desa Selakambang sebagai tempat roadshow pemulihan ekonomi,  karena desa tersebut masuk dalam kategori miskin ekstrem. Warga desa itu membutuhkan sentuhan dan bantuan  pemerintah. Roadshow pemulihan ekonomi itu karena pandemi Covid-19 yang sejak dua tahun lalu melanda  Indonesia melemahkan sendi-sendi perekonomian.

“Angka perekonomian di tingkat nasional dan daerah menurun drastis hingga mencapai angka minus,  termasuk Purbalingga,” ujar Tiwi.

Karenanya pemerintah kabupaten Purbalingga mengagendakan kegiatan roadshow pemulihan ekonomi di seluruh kecamatan di Purbalingga. Roadshow pemulihan ekonomi untuk memperkenalkan produk-produk unggulan di masing-masing desa.

“Salah satunya yang sudah dipatenkan menjadi souvenir adalah produk Sidanegara berupa patung Jenderal Soedirman.” ujarnya.

Sementara Plt Sekretaris DinkopUKM Adi Purwanto menyebutkan, dalam roadshow pemulihan ekonomi Kecamatan Kaligondang yang dipusatkan di Taman Gembrungan Selakambang itu muncul banyak produk-produk unggulan yang dapat diangkat dan ditarik ke tingkat kabupaten. Rencananya akan dikurasi dan dicari kekurangannya. Seperti makanan keju, poci, kerajinan bambu, kerajinan lidi, keripik dan wajik.

“beberapa produk sudah bagus.  Ada 12 sampai 15 yang bakal kami angkat produk-produk untuk level kabupaten,” ujar Adi. (Rus)

Kredit

Bagikan