Kopimekers Expo, Ruang Bertemu Eksportir dan UMKM DIY

user
Ivan Aditya 28 November 2022, 18:32 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Forum Mebel Kerajinan dan Seni (Formekers) Indonesia berkolaborasi bersama Dinas Koperasi dan UKM DIY menggelar Kopimekers Expo 2022, 1-4 Desember di Galeria Mall Yogyakarta. 30 peserta dan 6 UMKM ikut serta mengisi ruang pertemuan menarik antara pelaku-pelaku ekspor berpengalaman dengan pengusaha-pengusaha kecil yang memiliki potensi besar menuju luar negeri.

Ketua Formekers Indonesia, Johni Sahlan, mengatakan Kopimekers merupakan upaya memgangkat UMKM Jogja agar naik kelas. Pihaknya menyatakan ingin berkontribusi agar bisa meningkatkan kapasitas UMKM yang berpotensi melaju hingga kancah internasional.

“Kami akan berbagi, barang apa yang laku di pasar dunia karena sekarang semua orang bisa jualan ke luar negeri lewat e-commerce. Kami kolaborasi dengan Dinkop harapannya bisa meningkatkan daya saing UMKM ke pasar global. Ada sesi coaching clinic, mengajak UMKM yang punya persoalan mengupgrade wawasan bersama praktisi yang berpengalaman,” ungkapnya pada wartawan saat sesi jumpa pers di Neo Malioboro, Senin (28/11/2022).

Dalam Kopimekers nantinya, ada showcase produk menarik yang sangat bisa dijual ke luar negeri. Selain itu akan ada sharing bersama UMKM yang diharapkan bisa meningkatkan kapasitas dalam membangun produk.

“Mungkin biasanya UMKM buat besek saja dari bambu, tapi dalam bentuk lain yang berkualitas belum. Begitu pula narasi atau produk knowledge atas barang itu. Bagaimana mempelajari produk secara detail dan keunggulan produknya. Ini akan kita lakukan dalam gelaran nanti. Bisa juga UMKM menginspirasi bahwa banyak barang di sekitar yang bisa dimaksimalkan. Hal-hal ini yang ingin kami dapatkan,” sambung Johni yang diamini Alex Kurniawan, Ketua Koperasi Pemasaran Formekers Kriya Utama.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi, menambahkan pameran Kopimekers merupakan wujud keberpihakan pegiat ekspor terutama bidang mebel, kerajinan dan seni pada UMKM. Bagaimana ada edukasi memahami narasi produk juga pendampingan SDM UMKM menjadi hal penting untuk menaikkan kelas pengusaha kecil di Jogja.

“Tidak harus jual tapi mengenalkan lewat showcasenya. Ada ruang pertemuan dan dialog yang harapannya memunculkan peluang lebih besar berjualan nantinya. Ini upaya kami menaikkan UMKM Jogja,” tandas Siwi.

Itock Van Diera, Ketua Bidang Kreatif Formekers, menambahkan bawasanya Kopimekers ingin menunjukkan bahwa produk lokal memiliki kualitas yang tidak kalah dengan barang ekspor. Diharapkan ada kerjasama berkesinambungan antara Formekeres dengan UMKM dalam memajukan produk lokal. (Fxh)

Kredit

Bagikan