SGM dan Aqua Klaten Raih Penghargaan Industri Hijau

user
Agusigit 29 November 2022, 10:15 WIB
untitled

Krjogja.com - KLATEN - Pabrik Sarihusada Generasi Mahardhika (SGM) Prambanan, Klaten, dan Pabrik Aqua Klaten, memperoleh penghargaan Industri Hijau 2022. Hal ini melengkapi keberhasilan Danone Indonesia, memperoleh jumlah penghargaan terbanyak di ajang bergengsi tersebut.

External Communication Manager Regional Timur, Danone Indonesia, Rony Rusdiansyah, Selasa (29/11/2022) mengemukakan, sebanyak 19 pabrik Danone Indonesia berhasil meraih penghargaan untuk kategori Kinerja Terbaik 2022, Sertifikasi Industri Hijau, dan Penghargaan Industri Hijau.

Upaya yang mengantarkan SGM Prambanan memperoleh penghargaan tersebut antara lain, efisiensi proses produksi. “Termasuk didalamnya penggunaan energi, material, dan teknologi yang digunakan dalam proses. Sarihusada Prambanan mengoperasikan boiler biomassa, untuk pertama di Jawa Tengah,” kata Rony Rusdiansyah.

Kepala Pabrik Aqua Klaten, I Ketut Muwaranata mengemukakan, penghargaan tersebut diperoleh, antara lain karenan inovasi implementasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap.

PLTS rooftop terbesar di Jawa Tengah tersebut, berkapasitas 2.919 KWp (kilowatt peak). Menghasilkan listrik sebesar 4 GWh per tahun, sehingga bisa mengurangi 3.340 ton CO2 per tahun.

“Selain PLTS, ada beberapa upaya lain yang kita lakukan. Diantaranya dalam pengelolaan sampah untuk mengurangi risiko pencemaran lingkungan. Bukan hanya menekan jumlah sampah dalam pabrik, kita juga menggiatkan daur ulang smapah di laur pabrik melalui bank-bank sampah,” kata I Ketut Muwaranata.

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menjelaskan, kegiatan operasional seluruh pabrik Danone Indonesia selalu mengedepankan prinsip industri hijau. Yakni, melalui efisiensi produksi dan peningkatan efektivitas, serta penggunaan sumber daya alam secara bijak.

Dua industri yang berada di Kabupaten Klaten berkomitmen mengedepankan operasional yang inovatif. AQUA Klaten dengan implementasi PLTS atap terbesar di Jawa Tengah, dan Sarihusada mengoperasikan Boiler Biomassa yang juga pertama di Jawa Tengah. Kedua infrastruktur tersebut menjadi wujud nyata komitmen penerapan energi terbarukan dalam skala industri di Jawa Tengah. (Sit)

Kredit

Bagikan