AAUI Cabang Yogya Literasi Keuangan untuk Pelajar

user
Tomi Sujatmiko 30 November 2022, 09:52 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Dalam rangka Hari Asuransi 2022, Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) cabang Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Literasi Keuangan dengan tema “Literasi Asuransi Untuk Negeri. Literasi keuangan ini ditujukan bagi mahasiswa dan mahasiswi Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa Yogyakarta di Gedung Universitas Taman Siswa, Rabu (30/11).

Berdasarkan hasil SNLIK tahun 2022 yang menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen dan inklusi keuangan sebesar 85,10 persen. Nilai ini mengalami peningkatan jika dibandingkan hasil SNLIK 2019 yaitu indeks literasi keuangan 38,03 persen dan inklusi keuangan 76,19 persen.

Dalam pelaksanaan literasi, peserta diberikan materi mengenai pengelolaan keuangan, pengenalan lembaga keuangan serta pengenalan asuransi. Tidak hanya mengenai asuransi, dalam kegiatan literasi ini juga diberikan materi mengenai pengenalan OJK, edukasi investasi dan pinjaman online.

Hadi Prasetyawan selaku Ketua AAUI Cabang Yogyakarta mengungkapkan, literasi asuransi ini mengambil tema "Kenali, Pahami, Miliki."
"Melalui kegiatan literasi keuangan ini, diharapkan mahasiswa dan mahasiswi semakin memahami manfaat asuransi," ujar Hadi Prasetyawan

Sementara Dinavia Tri Riandari, Kepala Bagian Pengawasan IKNB, Pasar Modal dan EPK Kantor OJK DIY menyampaikan literasi keuangan ini diharapkan dapat meningkatkan indeks inklusi keuangan dan akan meningkatkan pemahaman kita khususnya saat ini mengenai asuransi.

Sedangkan Rektor UST yang diwakili Dekan Fakultas Ekonomi Dr Suyanto SE Msi menyambut antusias acara Literasi Asuransi Untuk Negeri. "Kami dari Fakultas Ekonomi berharap melalui acara ini pemahaman kita terhadap asuransi semakin meningkat dan pada kesempatan kali ini kita mendapatkan ilmu langsung dari sumbernya," sebut Suyanto.

Pada kesempatan ini, dibagikan kartu asuransi mikro dari Asuransi Sinar Mas secara GRATIS dan celengan impian bagi peserta literasi. Total 1.000 asuransi simas siswa mikro yang dibagikan untuk mahasiswa dan 400 asuransi mikro simas perlindungan kepada para pengajar. "Melalui pembagian asuransi ini, diharapkan peserta akan lebih mengenal bentuk dari asuransi dan manfaatnya," ujar Siany Jontana, AAAIK selaku Kepala Divisi Agency Network Development PT Asuransi Sinar Mas. (Sal)

Kredit

Bagikan