Ditanami Pohon Bisbul dan Kepel, Groundsill Opak Candi Prambanan Makin Cantik

user
Agusigit 01 Desember 2022, 09:15 WIB
untitled

Krjogja.com - SLEMAN - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak Ditjen SDA Kementrian PUPR menggelar peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-77, Kamis (1/12/2022) pagi. Berbagai kegiatan dilakukan, salah satunya mempercantik kawasan Groundsill Sungai Opak di Candi Prambanan dengan penanaman bibit pohon.

Kepala BBWS Serayu Opak, Dwi Purwantoro, mengatakan penanaman pohon merupakan salah satu upaya nyata menjaga dan memelihara lingkungan sekitar. Menurut Dwi, pada momen Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-77, pihaknya bersama paguyuban ibu Pekerjaan Umum melakukan penanaman pohon di kawasan Groundsill Opak Candi Prambanan dan Bendung Karangtalun.

“Di Groundsill Opak Candi Prambanan kami menanam bibit pohon bisbul dan kepel. Kami berharap bibit pohon ini bisa dijaga bersama-sama agar tumbuh dan memberikan manfaat bagi lingkungan, baik tempat penyimpanan cadangan air juga menjaga pasokan air tanah,” ungkapnya.

Groundsill Sungai Opak yang diperbaiki BBWS Serayu Opak berada di kawasan wisata Candi Prambanan saat ini sudah selesai diperbaiki dan lebih sedap dipandang. Groundsill ini memiliki fungsi pengaman Candi Prambanan dari aliran air sungai sekaligus mengatur elevasi dasar sungai juga mengamankan jembatan penghubung jalan nasional Jogja-Solo.

“Kami lakukan pembangunan riverfront sebagai pengembangan dan menambah estetika kawasan Candi Prambanan. Saat ini kami tambahkan bibit pohon dan harapannya 20-30 tahun lagi bisa membawa manfaat bagi lingkungan dan masyarakat,” sambung Dwi.

Grounsill dibangun selama 8 bulan dengan dana Rp 48 miliar. BBWS Serayu Opak sengaja mendesain dengan estetika agar menjadi destinasi menarik yang bisa dinikmati masyarakat.

“Nantinya dari PT Taman Wisata Candi yang akan menjaga dan merawat. Harapannya kehadiran kami bisa dirasakan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara, Direktur Operasional dan Pengembangan Infrastruktur PT TWC, Mardijono Nugroho, menyambut antusias upaya BBWS Serayu Opak dalam menjaga dan melestarikan kawasan Prambanan. “Groundsill mempercantik kawasan Opak yang berada di Candi Prambanan, tentu akan menambah opsi berwisata masyarakat. Kami berterimakasih pada Kementrian PUPR melalui BBWS Serayu Opak,” pungkasnya.

BBWS Serayu Opak sendiri telah melakukan penanaman 1.300 bibit pohon sepanjang 2020 hingga 2022 di area-area strategis yang dekat dengan proyek infrastruktur. (Fxh)

Kredit

Bagikan