Pererat Kerjasama, UMBY Gandeng Universiti Malaysia Kelantan

user
Tomi Sujatmiko 01 Desember 2022, 17:28 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Hubungan kerjasama Universitas Mercu Buana Yogyakarta dengan Universiti Malaysia Kelantan semakin erat dengan diundangnya UMBY untuk berpartisipasi dalam UMK International Day 2022 pada Rabu, 30 November 2022.

UMK International Day adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh UMK International Office. Tujuan kegiatan ini untuk memberi kesempatan saling meng-eksplore value dan budaya dari tiap negara yang berpartisipasi.
Sebagaimana tema tahun ini “Embracing Cultural Diversity, adalah untuk saling memahami budaya dan norma yang berbeda dari tiap negara.

Berbagai presentasi kegiatan seperti International showcase (demonstrasi kebudayaan), Celebrate our colour (presentasi tradisional costume), Arts and Craft, dan World’s kitchen, disajikan melalui hybrid platform (offline & online).

Tahun 2022 ini, UMK menunjuk Domnina Rani P Rengganis, dosen fakultas Psikologi UMBY untuk menjadi koordinator peserta dari Indonesia. Beberapa universitas di Indonesia juga terlibat dalam kegiatan ini. Terkhusus di UMBY, undangan UMK International Day 2022 ini disambut hangat oleh Kepala Bagian Kerja Sama Luar Negeri (Global Engagement Office) Daniel Ari Widhiatama, S. Pd., M. Hum. Demikian pula dengan beberapa fakultas yang antusias mengirimkan delegasinya.

Tercatat ada 4 Prodi yang mengirimkan tim mahasiswa untuk terlibat dalam UMK International Day 2022, yaitu Prodi Bimbingan Konseling yang didampingi oleh Rully Ningsih, S.Pd., M.Pd menampilkan Voice of Indonesia Timur antara lain mengenalkan cara memasak Papeda dan Tenun Ikat tradisional Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Prodi Matematika yang didampingi Nafida Hetty Marhaeni, S. Pd., M.Pd., mengirimkan 2 tim yang menampilkan dua tarian, yaitu Pelajar Pancasila Dance yang mengangkat tentang Pancasila dan kearifan local Indonesia, dan The Wonderland Indonesia Dance yang mengkisahkan tentang keragaman budaya di Indonesia melalui lagu daerah, busana tradisional, dan keragaman tiap provinsi.

Prodi Teknologi Hasil Pertanian menampilkan Traditional Food Making: Bakpia Patok di bawah pendampingan Agus Setyoko, S.TP., MP. Tim mahasiswa mempresentasikan tutorial pembuatan bakpia asal Yogyakarta yang melegenda dan mendunia.

Prodi Psikologi S1 di bawah koordinasi Nur Fachmi Budi Setyawan, S.Psi., M.Psi. membuat video Yogyakarta Philosophical Axis yang berkisah tentang kemegahan dan sejarah kota Yogya dibalut dengan epic dalam video berdurasi 8 menit.

Menurut penuturan Rani Rengganis, kesempatan istimewa ini dipergunakan selain untuk mempererat hubungan kerja sama antara kedua universitas, juga untuk uji coba kegiatan student mobility antara UMBY dan Universiti Malaysia Kelantan.

Daniel Widhiatama menambahkan bahwa kegiatan UMK International Day ini bisa menjadi salah satu pintu gerbang berbagai kerja sama lain ke depannya dan membawa UMBY lebih membuana. Turut hadir memberi dukungan dalam kegiatan Hybrid ini, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ir. Wafid Dinarto, M.Si.

Kredit

Bagikan