Tiga Calon Rektor UAJY Periode 2023-2027 Terpilih

user
Tomi Sujatmiko 01 Desember 2022, 17:33 WIB
untitled

Krjogja.com - SLEMAN - Dari 8 bakal calon (balon) Rektor UAJY periode 2023-2027 akhirnya telah dipilih menjadi 3 calon Rektpr. Pemilihan tersebut setelah dilakukan dengan pemungutan suara (voting) dalam Rapat Senat Akademik Universitas, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (SAU UAJY) (Rabu, 30/11/22).

Ketiga calon Rektor tersebut adalah Prof. Ir. Joko Budiyanto, M.Eng. Ph.D (Fakultas Teknologi Industri), Dr. G. Sri Nurhartanto, SH, L.LM (Fakultas Hukum) dan Prof. Dr. AM. Ade Lisantono, M.Eng., Ph.D (Fakultas Teknik). Selanjutnya ketiga calon Rektor tersebut akan diajukan oleh SAU UAJY kepada Yayasan Slamet Riyadi (YSR) selaku pengelola UAJY. Dari ke-3 calon Rektor tersebut akan dipilih dan ditetapkan oleh pengurus YSR menjadi Rektor UAJY periode 2023-2027.

"Pertimbangan YSR dalam memilih dan menetapkan Rektor didasarkan dari hasil test kompetensi kepemimpinan dan manajerial yang dilakukan oleh lembaga independen, presentasi balon dalam forum presentasi yang dihadiri anggota SAU dan civitas akademika UAJY serta presentasi calon Rektor didepan pengurus YSR dan juga hasil tes kesehatan," jelas Prof. Dr. Endang Sumiarni, SH, M.Hum selaku Ketua SAU UAJY.

Ketiga calon Rektor UAJY tersebut menyatakan siap untuk dipilih dan ditetapkan oleh YSR sebagai Calon Rektor UAJY periode 2023-2027. Di samping itu, mereka juga menyatakana jika terpilih siap menjalankan berbagai kebijakan dan program yang telah disampaikan forum presentasi. Ketiga calon Rektor tersebut juga menyatakan akan mengakomodasi usulan kebijakan dan program dari seluruh balon rektor yang mungkin dapat dilaksanakan.

Terkait dengan “melanjutkan dan perubahan” dalam arti siap melanjutkan kebijakan dan program kerja yang telah dijalankan Rektor terdahulu dan melakukan beberapa perubahan kebijakan dan program kerja yang belum optimal maka ketiga Calon Rektor juga menyatakan kesiapannya.

"Tantangan yang dihadapi UAJY ke depan semakin berat, baik tantangan eksternal maupun internal”, jelas Prof. Ir. Yoyong Afriadi, M.Eng., Ph.D (Rektor UAJY 2019-2023).

Berkaitan dengan tantangan tersebut, Yoyong berharap Rektor UAJY mendatang mampu mensinergikan dan mengoptimalkan sumber daya manusia dan sumberdaya lainnya yang dimiliki UAJY. Kepemimipinan (leadership dan manajerial) UAJY baik di tingkat Rekrorat, Dekanat, Departemen, Prodi dan Laboratorium harus mampu bersinergi dan berkolaborasi dengan optimal. Di samping itu, seluruh dosen dan tenaga kependidikan harus ikut mendukung secara optimal kebijakan dan program kerja yang telah ditetapkan, termasuk Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Saya pribadi berpendapat ketiga calon Rektor UAJY yang diusulkan oleh SAU merupakan calon terbaik dan layak menjadi Rektor UAJY periode 2023-2027”, tegas Dr. Y. Sri Susilo (Anggota dan Humas SAU UAJY). Selanjutnya Susilo berharap YSR dapat memilih dan menetapkan Rektor UAJY yang terbaik dan mampu menghadapi serta menjawab tantangan yang dihadapi UAJY di masa mendatang. (*)

Kredit

Bagikan