Kemunculan Macan Liar Resahkan Warga Ngepringan Sragen

user
Ivan Aditya 01 Desember 2022, 19:46 WIB
untitled

Krjogja.com - SRAGEN - Warga di perbatasan Sragen-Grobogan, tapatnya di Desa Ngepringan, Kecamatan Jenar, Sragen, geger menyusul beredarnya kabar kemunculan satwa liar jenis macan. Hewan buas tersebut dilaporkan muncul di lahan milik Perum Perhutani di desa setempat.

Kabar tersebut kemudian cepat menyebar dan menimbulkan ketakutan warga setempat. Bahkan sejumlah warga sampai takut untuk pergi meladang di lahan miliknya, khawatir sewaktu-waktu bertemu dengan kawanan macan tersebut.

Ketua RT 14, Dukuh Sendangrejo, Desa Ngepringan, Samsi kepada wartawan Kamis (01/12/2022) mengatakan, kemunculan satwa liar yang diduga macan ini berawal saat salah satu pekerjanya, Mardi (50) warga Kradenan, Grobogan melihat kawanan macan. Kebetulan dia sedang mencari rumput di lahan tebu milik perhutani setempat.

Saat itu, jelas Samsi, Mardi melihat seekor macan besar berjalan beriringan dengan macan kecil yang diduga anaknya. "Begitu melihat kawanan macan, Mardi langsung berlari menjauh. Apalagi saat itu macan juga sempat mengaum dan menyeramkan," jelasnya.

Menurut Samsi, kawanan macan itu muncul di tengah kebun tebu yang rindang. "Posisi anak dan induk macan itu di tengah-tengah kebun tebu yang rimbun. Begitu melihat, Mardi langsung lari dan memberitahu ke saya," tandasnya.

Kepala Desa (Kades) Ngepringan, Sunarso membenarkan adanya laporan kemunculan satwa liar macan di wilayahnya. Kabar ini langsung menyebar dan petugas dari polsek dan koramil setempat dibantu petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Solo datang langsung untuk melakukan pengecekan di lokasi kejadian.

Menurut Sunarso, memang ditemukan jejak kemunculan satwa liar tersebut di lokasi kejadian. Namun petugas belum bisa memastikan apakah jejak tersebut benar macan. "Memang belum laporan terkait hilangnya ternak milik warga atau mati dimakan satwa liar. Namun himbauan dari BKSDA, warga diminta tetap waspada dan mengurangi aktivitas terutama di sore menjelang malam," tambahnya. (Sam)

Kredit

Bagikan