Pelajar dan Mahasiswa 34 Provinsi Tampilkan Seni Budaya di Titik 0 Km Yogyakarta

user
Ivan Aditya 01 Desember 2022, 20:39 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Ratusan pelajar dan mahasiswa dari Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa (IKPM) seluruh Indonesia di DIY berkumpul di Monumen Serangan Oemoem 1 Maret, 0 kilometer Yogyakarta, Kamis (01/12/2022). Mereka mengikuti acara pentas seni bertajuk Amukti Zamrud Nusantara yang diinisiasi Dinas Kebudayaan DIY.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakhsmi Pratiwi, mengatakan pentas seni budaya nusantara, Amukti Zamrud Nusantara merupakan tindaklanjut aktivitas yang melibatkan Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa se-Indonesia. DIY memberikan media, ruang, waktu dan kesempatan untuk seluruh daerah di Indonesia menampilkan sajian seni budaya sebagai sarana membangun toleransi dan saling memahami satu sama lainnya.

“Ini upaya agar semua bisa belajar, sehingga DIY menjadi aman dan nyaman. Kami kenalkan pada mahasiswa dan masyarakat bahwa ada IKPM di DIY dari 34 provinsi di Indonesia. Kami juga memberikan ruang tiap etnis untuk mengapresiasi budaya lokal masing-masing di sini. Kami jaring sebelumnya dan para pemenang tampil dalam pementasan hari ini,” ungkap Dian pada wartawan di sela acara.

Satu hal yang menarik menurut Dian adalah pementasan kolaborasi seni dari 34 provinsi di Indonesia yang dirangkai menjadi tari dengan narasi Amukti Zamrud Nusantara. Seluruh daerah terlibat, berkolaborasi yang harapannya bisa membawa pesan persatuan karena sama-sama tinggal dan berkarya di wilayah DIY.

“Semangat dan tujuannya, ingin Yogya sebagai Indonesia mini menjadi tempat aman dan nyaman, di sisi lain mereka memahami Yogya dengan budaya yang dijunjung. Memperkuat status bahwa Yogya adalah rumah untuk Indonesia. Budaya ini bisa mengeratkan dengan nyaman, menyentuh tanpa memaksa sehingga lebih mudah saling memahami satu sama lain,” pungkas Dian. (Fxh)

Kredit

Bagikan