NPCI Klaten Gelar Talent Scouting Atlet

user
Ivan Aditya 02 Desember 2022, 16:51 WIB
untitled

Krjogja.com - KLATEN - National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Klaten menggelar Talent Scouting Atlet. Hal ini sebagai sarana membuka peluang bagi kaum disabilitas untuk dibina menjadi atlit profesional.

Ketua NPCI Klaten, Sri Mulyo usai pelantikan pengurus NPCI Klaten masa bhakti 2022 - 2027, di Pendapa Pemkab Klaten, Kamis (1/12/2022) mengemukakan, talent scouting atlit tersebut baru pertama diadakan di Klaten. NPCI membuka kesempatan bagi para penyandang disabilitas menjadi atlet difabel, untuk semua cabang olahraga.

 “Tahun ini Klaten berhasil mengirimkan atlet bergabung ke Pelatnas untuk persiapan Asean Para Games di Kamboja tahun 2023. Ada 3 wakil. Andi Santosa dan Listiana Herawati di cabang renang, serta Jaka Setiana di cabang basket kursi roda,” kata Sri Mulyo.

Lebih lanjut Sri Mulyo menjelaskan, terdapat 11 ribu lebih difabel di Klaten. Perlu strategi untuk mengajak difabel agar mau keluar dari rumah dan mengembangkan potensi mereka. “Kita tunggu program dari pemerintah seperti apa. Kita perlu punya strategi bagi difabel yang masih terkururng dan merasa tak punya harapan, agar punya rasa percaya diri dan berprestasi.

 “Pemerintah sudah memberikan kesamaan hak pembinaan atlet. Tidak ada atlit disabilitas atau non disabilitas, artinya atlet dibawah naungan NPCI maupun dibawah KONI sama. Bonus yang diberikan juga sama. NPCI ini organisasi disabilitas yang lebih fokus bagaimana membuat atlet difabel berprestasi,” jelas Sri Mulyo.

Ketua 1 Bidang Organisasi NPCI Jawa Tengah, Kliwon Wiryo Utomo mengatakan, dengan talent scouting, NPCI mencetak atlet-atlet untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengembangkan potensi para atlet, dan menjadikan Klaten sebagai icon Jawa Tengah.

Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, berpesan kepada seluruh atlet untuk terus menggali potensi yang ada, agar dapat mencapai prestasi. ”Saya ucapkan selamat untuk pengurus baru yang dilantik. Semoga NPCI dapat mencetak atlet-atlet handal dan berprestasi,” kata Yoga Hardaya. (Sit)

Kredit

Bagikan