Empat Pasar Tradisional di Dukoharjo Tunggu Pembangunan

user
Ivan Aditya 02 Desember 2022, 20:07 WIB
untitled

Krjogja.com - SUKOHARJO - Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop UKM) Sukoharjo mencatat total ada 26 pasar tradisional di Kabupaten Sukoharjo. Dari jumlah tersebut ada 22 pasar tradisional sudah dibangun. Sedangkan empat pasar tradisional lainnya masih menunggu pembangunan.

"Tiga pasar tradisional diantaranya yang belum dibangun yakni, Pasar Cuplik Sukoharjo yang sekarang baru dibangun untuk los saja sedangkan kios dilanjutkan tahun depan, Pasar Mulur Bendosari dan Pasar Kartasura. Satu lagi saya lupa," kata Kepala Disdagkop UKM Sukoharjo, Iwan Setiyono kepada Krjogja.com, Jumat (02/12/2022).

Pasar Cuplik Sukoharjo sejak tahun tiga tahun lalu sudah masuk dalam program pembangunan. Namun karena kendala dana maka pembangunan kemudian tertunda. Pelaksanaan akhirnya kembali tertunda pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi virus Corona. Namun pembangunan baru direalisasikan tahun 2022 untuk los saja.

Pasar Mulur Bendosari sudah masuk program pembangunan beberapa tahun lalu. Namun pembangunan batal terlaksana meski Pemkab Sukoharjo sudah menyediakan anggaran. Kendala dihadapi berkaitan dengan status tanah Pasar Mulur Bendosari karena sebagian milik Pemerintah Desa Mulur Kecamatan Bendosari dan sebagian lagi berstatus milik Pemkab Sukoharjo.

Pembangunan Pasar Mulur Bendosari baru bisa terlaksana menggunakan anggaran daerah apabila Pemerintah Desa Mulur Kecamatan Bendosari bersedia menyerahkan pengelolaan pasar dan peralihan status tanah ke daerah. Namun hal tersebut belum terlaksana hingga sekarang.

Khusus untuk Pasar Kartasura pembangunan belum terlaksana karena hingga tahun 2023 pengelolaan pasar masih menjadi kewenangan pihak ketiga. Pemkab Sukoharjo baru bisa melaksanakan pembangunan setelah pengelolaan tersebut selesai dari pihak ketiga dan diserahkan ke pemerintah daerah.

"Tahun 2022 baru Pasar Cuplik Sukoharjo dulu yang dibangun. Sedangkan Pasar Kartasura belum karena masih jadi kewenangan pihak ketiga," lanjutnya.

Pemkab Sukoharjo berencana segera menuntaskan pembangunan pasar tradisional yang menjadi kewenangannya. Namun demikian, Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo tetap memberikan pendampingan terhadap pasar tradisional yang dikelola pemerintah desa. (Mam)

Kredit

Bagikan