Terkait Alat dan Manajemen Inventarisasi: Tim Pengabdian Polines Bantu SSB Palebon

user
Agusigit 03 Desember 2022, 05:11 WIB
untitled

Krjogja.com - SEMARANG - Sekolah Sepak Bola (SSB) Palebon merupakan salah satu SSB yang ada di Kota Semarang tepatnya di Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan.

SSB ini mulai menerima siswa pada tahun 2017. Latihan perdana dilaksanakan 30 September 2017 dengan jumlah peserta 27 anak.

Saat ini SSB Palebon memiliki sekitar 115 peserta didik yang terbagi dalam 5 kelompok umur yaitu 2007-2008, 2009, 2010, 2011, 2012-2017. Kelompok umur ditentukan berdasar tahun kelahiran peserta didik.

Mengingat usianya yang baru "seumur jagung", tentu saja sarana yang dimiliki SSB Palebon masih dikatakan jauh dari memadahi. SSB Palebon terus berupaya untuk melengkapi sarana yang diperlukan baik dari dana mandiri (kas/SPP) maupun dana donatur.

Pada kegiatan Pengabdian tahun 2022, tim Pengabdian Polines telah memberikan sebuah printer dan laptop untuk mencetak Raport peserta didik. Printer dan laptop juga digunakan untuk mencetak berkas yang diperlukan untuk mendaftar event pertandingan sehingga SSB Palebon dapat menghemat dana karena pengurus tidak lagi harus ke jasa penyewaan printer.

Kebutuhan lain seperti bola, cone, rompi, jersey sedikit demi sedikit mulai dilengkapi. Karena keterbatasan kuantitas, sarana sarana latihan yang ada tersebut digunakan secara bergantian. Mengingat peminjaman yang belum di record dengan baik mengakibatkan sering terjadi kehilangan ataupun kerusakan barang. Khusus permasalahan kekurangan jumlah bola untuk latihan, SSB Palebon mengatasinya dengan mewajibkan siswa yang memiliki bola untuk membawanya ketika latihan.

Seiring dengan bertambahnya kepemilikan sarana Latihan SSB Palebon, tentunya inventarisasi sarana sangat diperlukan agar sarana yang dimiliki tercatat baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Saat ini, aktivitas inventarisasi seperti pencatatan, penempatan, keluar masuk barang, serta pengecekan kondisi atau stok sarana Latihan SSB Palebon masih menggunakan formulir fisik secara manual.

Dari permasalahan tersebut maka tim Pengabdian Masyarakat Kompetitif (PMK) Polines membuat suatu aplikasi berbasis android untuk memudahkan pengurus SSB Palebon melakukan inventarisasi sarana yang dimilikinya. Baik dari proses peminjaman atau pengembalian barang, pendataan pembelian barang, proses penomoran barang serta pembuatan laporan bulanan dan tahunan.

Tim PMK Polines terdiri dari Sarono Widodo sebagai ketua, dengan anggota Muhlasah Novitasari Mara, Taufik Yulianto dan Dewi Anggraeni melaksanakan pendampingan secara offline pada tanggal 17 September 2022 di kesekretariatan SSB Palebon.

Hasil pendampingan aplikasi diperoleh bahwa tiga koordinator dan dua orang pengurus mampu melakukan input data sarana latihan SSB Palebon. Andi Jumadi Priyatmojo selaku ketua SSB Palebon menyampaikan bahwa aplikasi inventaris sangat membantu dan penggunaanya juga sangat mudah. Dirinya berterima kasih pada tim PMK Polines yang telah membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi SSB Palebon. (Sgi)

Kredit

Bagikan