KA Blambangan Ekspres Diluncurkan, Liburan ke Bali Makin Mudah!

user
Agusigit 03 Desember 2022, 11:56 WIB
untitled

Krjogja.com - SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan peluncuran Kereta Api baru yaitu KA Blambangan Ekspres relasi Semarang Tawang - Ketapang (Banyuwangi) PP. Peresmian pemberangkatan perdana KA Blambangan Ekspres dilakukan Plt Walikota Semarang Hevearita G Rahayu bersama Kepala Daop 4 Semarang KAI Wisnu Pramudyo pada Jumat (2/12) petang pukul 18.05.

KA membawa tujuh rangkaian gerbong terdiri empat eksekutif dan tiga gerbong ekonomi dengan sekitar 150 penumpang dijadwalkan sampai tujuan Ketapang esuk harinya pukul 04.40. Harga tiket eksekutif Rp 250 ribu dan ekonomi Rp 150 ribu.

Plt Walikota Semarang Hevearita G Rahayu menyambut baik dengan dioperasikannya KA Blambangan ekspres.
Ia menyembutkan pengoperasian KA Blambangan dapat mendukung dari sektor wisata. Bagi warga khusus Semarang yang berkunjung ke Bali tidak banyak mengeluarkan uang dengan naik KA Blambangan sampai ke Ketapang, lalu terus naik kapal menyeberang.

Sebaliknya masyarakat Bali maupun Jatim yang melakukan perjalanan atau ingin rekreasi ke Semarang maupun sekitarnya dapat memanfaatkan KA Blambangan.

Menurut Hevearita yang lebih beken dipanggil bu Ita momen dioperasikannya KA Blambangan harus bisa dimanfaatkan dinas pariwisata membuat program kerja, termasuk penyediaan tempat penginapan.

Kepala Daop 4 Semarang KAI Wisnu Pramudyo mengatakan perjalanan KA Blambangan Ekspres ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan semakin banyak rute yang dilayani kereta api. Mengingat selama ini belum ada perjalanan kereta api yang menghubungkan Kota Semarang dengan Ketapang secara langsung.

Di samping itu, KA Blambangan Ekspres juga diharapkan dapat memberikan dampak positif di sektor pariwisata bagi Kota Semarang dan Kota Banyuwangi serta daerah-daerah lain yang dilalui. Hadirnya KA Blambangan Ekspres akan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin berwisata ke destinasi seperti Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, Pantai Pulau Merah, Teluk Hijau dan destinasi wisata lainnya di Kabupaten Banyuwangi.

Disinggung, terkait penamaan KA Blambangan Ekspres terinspirasi dari nama salah satu nama kerajaan yang pernah berkuasa di ujung timur Pulau Jawa yakni Kerajaan Blambangan. Harapannya, KA Blambangan Ekspres akan besar dan berjaya seperti kerajaan tersebut.

Sementara itu KA Blambangan Ekspres diberangkatkan dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 18.05 dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 04.40.Sedangkan pemberangkatan dari Stasiun Ketapang pada pukul 19.30 dan tiba di Stasiun Semarang Tawang pukul 05.44. Sementara KA Blambangan sekarang ini sambil menunggu animo penumpang beroperasi tiap akhir pekan(.weekend)

Adapun, tiket KA Blambangan Ekspres dapat dibeli masyarakat dengan harga murah karena selama keberangkatan 2 sampai 18 Desember 2022 KAI memberikan diskon untuk kuota terbatas. Tarif tiket promo tersebut untuk kelas Eksekutif hanya Rp 250.000 dan kelas Ekonomi hanya Rp150.000. Pelanggan dapat membeli tiket promo ini melalui KAI Access, web kai.id, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

KA Blambangan Ekspres memiliki sejumlah fasilitas yang dapat dinikmati oleh pelanggan seperti pendingin ruangan, restorasi, toilet ramah lingkungan, serta fasilitas-fasilitas lainnya. Khusus pada kelas eksekutif, kursinya dapat direbahkan dan diputar serta terdapat layar hiburan.
“Diharapkan dengan hadirnya KA Blambangan Ekspres ini, dapat memberikan layanan kereta api yang aman, nyaman, dan tepat waktu", demikian Wisnu.(Cry)

Kredit

Bagikan