Disperinaker Pantau Keterserapan Tenaga Kerja

user
Ivan Aditya 03 Desember 2022, 23:05 WIB
untitled

Krjogja.com - SUKOHARJO - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Sukoharjo memantau keterserapan tenaga kerja baru di sejumlah perusahaan setelah pelaksanaan Sukoharjo Job Fair 2022 akhir November lalu. Selain itu para pelaku usaha diminta aktif memberikan informasi lowongan kerja ke sekolah hingga perguruan tinggi serta masyarakat umum untuk mempermudah akses kerja.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Sukoharjo Agustinus Setiyono, Sabtu (03/12/2022) mengatakan, bursa lowongan kerja atau Sukoharjo Job Fair 2022 berdampak pada cukup banyak warga Sukoharjo yang terserap menjadi tenaga kerja disejumlah perusahaan. Mereka mulai bekerja setelah memenuhi syarat kualifikasi yang sudah ditetapkan pihak perusahaan.

Disperinaker Sukoharjo masih akan memantau untuk memastikan jumlah keterserapan tenaga kerja di perusahaan. Selain itu, pemantauan juga dimaksudkan untuk mengetahui kondisi pekerja khususnya terkait pemenuhan hak sesuai aturan berlaku tenaga kerja.

"Keterserapan tenaga kerja dalam kegiatan bursa lowongan kerja sangat baik dan kedepan kami dorong kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, melainkan juga melibatkan pihak lain seperti swasta," ujarnya.

Bursa lowongan kerja didorong bisa sering diselenggarakan. Agustinus Setiyono menjelaskan karena hal tersebut sangat dibutuhkan masyarakat. Sebab banyak para pencari kerja membutuhkan informasi lowongan kerja.

Disperinaker Sukoharjo optimis para pencari kerja bisa terserap diberbagai bidang lapangan kerja. Hal ini karena di wilayah Kabupaten Sukoharjo banyak berdiri sektor usaha dan industri dengan lowongan kerja sangat besar. (Mam)

Kredit

Bagikan