Jadi Sentra Gamelan, Wirun Kebanggaan Sukoharjo

user
Tomi Sujatmiko 04 Desember 2022, 16:47 WIB
untitled

Krjogja.com - SUKOHARJO - Pemkab Sukoharjo gelar parade karawitan bertajuk Gamelan Sukoharjo Ngumandang di Alun-Alun Satya Negara, Minggu (4/12). Kegiatan digelar sebagai upaya melestarikan budaya bangsa sekaligus menunjukan kebanggaan Kabupaten Sukoharjo memiliki sentra pembuatan gamelan di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat membuka gelar parade karawitan bertajuk Gamelan Sukoharjo Ngumandang di Alun-Alun Satya Negara mengatakan, kegiatan dalam rangka peringatan ditetapkannya gamelan sebagai warisan budaya tak benda dunia oleh UNESCO.

Etik Suryani melanjutkan, dengan keistimewaan tersebut maka pada tanggal 15 Desember 2021, Komite Konversi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) UNESCO telah menetapkan gamelan sebagai warisan budaya tak benda."Berbanggalah Sukoharjo mempunyai sentra pembuatan gamelan di Desa Wirun Kecamatan Mojolaban yang tidak hanya dikenal di dalam negeri namun juga di mancanegara," ujarnya.

Bupati mengatakan, menjadi pekerjaan rumah (PR) kita bersama adalah bagaimana menumbuhkan kecintaan anak-anak kita terhadap gamelan dan berminat untuk memainkannya. Salah satu yang bisa kita upayakan salah satunya adalah lewat kurikulum muatan lokal karawitan di sekolah-sekolah. Sehingga anak-anak akan terbiasa dengan seni karawitan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo Heru Indarjo mengatakan, gelar parade karawitan bertajuk Gamelan Sukoharjo Ngumandang menjadi bukti keseriusan Pemkab Sukoharjo dalam melestarikan seni budaya bangsa. Terlebih lagi Kabupaten Sukoharjo memiliki sentra penghasil gamelan di Desa Wirun Kecamatan Mojolaban.

Potensi besar yang dimiliki Kabupaten Sukoharjo dimaksimalkan pemerintah daerah. Sebab keberadaan gamelan tidak hanya dibuat saja oleh perajin di Desa Wirun Kecamatan Mojolaban, namun juga dilestarikan dengan berbagai kegiatan salah satunya seperti digelar di Alun-Alun Satya Negara ini. (Mam)

Kredit

Bagikan